Jokowi: Kalau Cuma Jalan Kampung, Peradabaan Kita Tertinggal

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 November 2021 14:21
Jokowi Peresmian Jalan Tol Serang - Panimbang Seksi 1- Ruas Serang - Rangkasbitung, 16 Nov 2021

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur di sela peresmian ruas tol Serang - Panimbang Seksi I - Rangkasbitung, Banten.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menilai bahwa pembangunan infrastruktur terutama jalan tol sama saja seperti membangun sebuah peradaban baru.

"Kalau negara lain punya jalan tol, kita hanya jalan kampung, artinya peradaban kita tertinggal," kata Jokowi, Selasa (16/11/2021).


Jokowi menekankan infrastruktur adalah fondasi bagi Indonesia untuk bersaing dengan negara lain. Menurutnya, mustahil jika sebuah negara melampaui negara lain tanpa adanya pembangunan infrastruktur.

"Karena apapun tanpa infrastruktur barang-barang yang ada ini harganya akan lebih tinggi itulah yang kita kejar," katanya.

"Kalau infrastruktur kita siap artinya barang2 kita juga akan menjadi terdistribusi lebih baik dan bisa menjadi lebih murah. Artinya infrastruktur ini akan memperbaiki jaringan logistik," jelasnya.

Jokowi mengatakan, keberadaan infrastruktur juga akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Hal ini tentu memiliki dampak keberlanjutan di masa depan.

"Jadi akan lebih mudah terdistribusi dan memberikan fasilitas kepada produksi. Itu ada jalan menuju konsumennya, sehingga akan lebih mudah. Dan paling penting dengan dibangunnya sebuah jalan di situ, akan memunculkan pekerjaan sebanyak-banyaknya," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Janjikan Rp 384,8 T untuk Bangun Infrastruktur di 2022


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading