Simak Nih! 3 Proyek Infrastruktur Megah di Era Jokowi

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
17 September 2021 14:40
Infografis: Membelah laut! ini dia calon jembatan

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah pandemi Covid-19. Bahkan banyak proyek infrastruktur megah yang dibangun saat ini.

Berikut beberapa di antaranya:

Dua bendungan pecah rekor
Indonesia bersiap memiliki bendungan yang akan memecahkan rekor se-Asia Tenggara. Di mana RI akan memiliki bendungan tertinggi, yakni Bendungan Bener, Purworejo, Jawa Tengah, dan bendungan terpanjang Semantok di Nganjuk, Jawa Timur.


Bendungan Bener yang juga menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) akan menjadi bendungan tertinggi di Indonesia kedua tertinggi di Asia Tenggara. Nantinya proyek ini akan memiliki ketinggian 159 meter, panjang timbunan 543 meter dan lebar bawah sekitar 290 meter.

Tidak hanya untuk penyediaan air baku juga penangkal banjir, bendungan itu juga akan difungsikan sebagai PLTA dengan suplai energi listrik mencapai 6 megawatt (MW). Lokasinya juga diapit bukit sehingga menambah deretan tempat pariwisata.

PT Brantas Abipraya (Persero) yakin bendungan ini dapat selesai tepat waktu, pada akhir 2023 sudah beroperasi.

Sementara itu, Brantas Abipraya juga sedang membangun bendungan terpanjang di Asia Tenggara yakni Bendungan Semantok di Ngajuk, Jawa Timur. Ditargetkan bendungan ini dapat selesai pada 2022 mendatang.

"Proyek ini ditargetkan selesai tahun depan, karena nanti Bendungan Semantok diproyeksikan akan memperkuat ketahanan air dan pangan di Nganjuk dan sekitarnya," kata Sekretaris Perusahaan PT Brantas Abipraya (Persero), Miftakhul Anas, dalam keterangan resmi dikutip, Jumat (17/9/2021).

Bendungan ini bakal menjadi yang terpanjang se-Asia Tenggara dengan panjang mercu mencapai 3.100 meter. Bendungan bertipe urugan random tanah tipe zonal dengan inti tegak ini memiliki tinggi 31,56 meter. Nantinya pun bendungan ini dapat menampung air dengan total volume tampung 32,67 juta meter kubik dan luas area genangan 365 hektare.

Dari Jembatan Babin Hingga Jalan Trans Papua
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading