Orang Kaya Masih Ogah Belanja, Mal Sepi, Ekonomi 'Mati Suri'?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
09 September 2021 10:15
Ilustrasi mal Kota Casabelanca. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang Indonesia yang relatif kaya sepertinya masih enggan berbelanja. Ini akan menjadi tantangan besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Mengutip Survei Konsumen Bank Indonesia (SK BI), porsi pendapatan yang dipakai untuk konsumsi di kelompok masyarakat dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan adalah 67,1% pada Agustus 2021. Turun dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 68,1%.

Padahal kelompok lainnya lebih rajin berbelanja. Kelompok dengan pengeluaran Rp 3,1-4 juta per bulan mengalami peningkatan porsi tertinggi yaitu 2,1 poin persentase.


growthSumber: BI

Perkembangan ini membuat porsi pendapatan yang dipakai untuk konsumsi (prospensity to consume) memang naik pada Agustus 2021 dibandingkan bulan sebelumnya. Namun kenaikannya sangat terbatas dari 74,6% menjadi 75%.

Di sisi lain, porsi pendapatan rumah tangga yang dipakai untuk menabung secara keseluruhan turun dari 15,1% menjadi 14,6%. Namun porsi di kelompok dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan tetap yang paling tinggi yaitu 17,2%.

growthSumber: BI

Halaman Selanjutnya --> Mal Masih Sepi

Mal Masih Sepi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading