Kabar Gembira! Subsidi Upah Rp 1 Juta Cair Lagi Pekan Ini

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 August 2021 10:37
Infografis: Tak Punya Rekening BRI Cs, Begini Cara Dapatkan BSU Rp 1 Juta

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji tahap ketiga akan mulai dicairkan mulai pekan ini. Namun, belum diketahui secara pasti kapan waktu yang pas.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan sebanyak 1.428.069 pekerja yang telah memenuhi persyaratan akan mendapatkan subsidi upah sebesar Rp 1 juta.

"Insya Allah minggu ini sudah bisa dicairkan," kata Anwar kepada CNBC Indonesia, Senin (30/8/2021).


Anwar mengatakan subsidi tahap ketiga ini memang dikhususkan bagi para pekerja yang tidak memiliki rekening Himpunan Bank Negara (Himbara). Sejak pekan lalu, pekerja yang belum memiliki rekening Himbara telah membuka rekening kolektif.

"Tahap ketiga semua yang belum memiliki rekening Himbara," kata Anwar.

Berdasarkan data otoritas ketenagakerjaan, seharusnya ada 1,5 juta calon penerima subidi upah. Namun setelah diverifikasi, ada 71.931 pekerja yang tidak lolos lantaran telah menerima bantuan sosial lainnya.

"Tahap ketiga dari 1,5 juta calon penerima yang lolos 1.428.069. Itu sudah dibuatkan rekening," katanya.

Adapun kriteria penerima BSU telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) 16/2021. Dalam aturan tersebut, dikatakan bahwa penerima BSU adalah pekerja dengan gaji paling banyak Rp 3,5 juta per bulan.

Kriteria gaji yang dimaksud bukanlah take home pay alias gaji bersih beserta tunjangan melainkan gaji pokok.

Selain gaji maksimal Rp 3,5 juta, penerima BSU juga tidak menerima bantuan sosial lainnya seperti Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan, hingga Bantuan Produktif Usaha Mikro.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gaji Maksimal Penerima BSU Rp 3,5 Juta, Bukan Take Home Pay!


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading