Internasional

Panas! Jet Tempur IDF Israel Serang Jalur Gaza

News - sef, CNBC Indonesia
07 August 2021 12:37
Israel melancarkan serangan udara di Gaza, pertama sejak gencatan senjata dengan Hamas. (Dok: Tangkapan layar Aljazeera)

Jakarta, CNBC Indonesia - Israel kembali melakukan serangan udara lagi ke Gaza, Palestina, Sabtu (7/8/2021) pagi waktu setempat. Jet tempur IDF Israel menyerang kompleks yang disebut sebagai pangkalan Hamas.

Mengutip AFP, Israel berdalih serangan dilakukan guna membalas peluncuran balon pembakar dari wilayah Palestina. Ini menyebabkan kebakaran di Israel bagian selatan.


"Menanggapi peluncuran terus-menerus balon pembakar dari Gaza ke Israel sepanjang hari, beberapa saat yang lalu jet tempur IDF menyerang kompleks militer Hamas dan situs peluncuran roket," kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan.

"Situs peluncuran roket terletak di dekat lingkungan sipil ... Hamas (sendiri) terus membahayakan warga sipil Palestina."

Belum dilaporkan adanya korban akibat penyerangan ini. Hamas juga belum memberi komentar atas pernyataan Israel.

Kedua pihak seharusnya mematuhi gencatan senjata yang dimuat sejak 21 Mei, mengakhiri 11 hari pertempuran mematikan antara Israel dan Hamas. Saat itu, sebanyak 260 warga Palestina tewas dan 13 orang di Israel.

Serangan ini juga terjadi di tengah baku tembak rudal selama tiga hari yang dilakukan Israel dan Hizbullah di Lebanon. Ini juga di tengah ketegangan Israel dengan Iran akibat penyerangan kapal yang dioperatori pengusaha Israel.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading