Internasional

Perang! Israel dan Hizbullah Saling Tembak di Lebanon

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 August 2021 07:00
Tentara Israel menghancurkan sebuah rumah milik pria berkewarganegaraan Amerika Serikat (AS) di Tepi Barat. Pria tersebut dituduh telah membunuh mahasiswa Yahudi. (AP/Nasser Nasser)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perang sepertinya terjadi di Timur Tengah. Kelompok Hizbullah Lebanon dan Israel terlibat adu roket Jumat (6/8/2021).

Keduanya terlibat baku tembak rudal di perbatasan Israel dan Lebanon bagian selatan. Ini merupakan hari ketiga masing-masing pihak "bertukar" roket satu sama lain.


Hizbullah mengatakan telah menargetkan area terbuka di dekat pasukan Israel sebagai balasan serangan udara Israel. Tel Aviv diketahui telah serangan udara Kamis (5/8/2021).

Puluhan roket ditembakkan di perbatasan Shebaa Farms yang disengketakan. Israel mencatat sistem pertahanannya Iron Dome telah mencegat 10 dari 19 roket dengan enam jatuh di area terbuka dan tiga mendarat di Lebanon bagian selatan.

Sementara itu pasukan sementara PBB di Lebanon mengatakan situasi saat ini sangat serius. Pasukan meminta semua pihak menghentikan serangan.

Hingga saat ini belum dilaporkan adanya korban atau kerusakan serius. Namun peristiwa ini mengguncang kondisi yang relatif tenang di antara kedua pihak sejak 2006.

Kejadian ini terjadi di tengah makin panasnya hubungan Israel dan Iran, akibat serangan drone ke kapal ke kapal tanker yang dikelola Israel di Teluk pekan lalu, yang menewaskan seorang warga Inggris dan seorang Rumania. Israel menuduh Iran namun Teheran menyangkalnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Perang Israel Vs Hamas Jelang Idul Fitri, 35 Orang Tewas


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading