Fenomena Orang Kaya Jual Rumah Pondok Indah, Bangkrut?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
11 July 2021 12:00
Ilustrasi rumah di kawasan Pondok Indah, Jakarta. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak rumah mewah dikawasan elit di lego selama masa pandemi ini. Tidak tanggung-tanggung harga yang ditawarkan juga sudah murah dari biasanya, paling tidak menurut pengakuan beberapa broker sudah ambles paling tidak sampai 50% untuk di kawasan tertentu.

Ada banyak alasan yang membuat orang kaya mulai melego rumahnya. Memulai bisnis terimbas dari pandemi, hingga semakin sedikitnya yang sewa rumah, khususnya dari pasar ekspatriat. Maklum, banyak properti mewah yang ada di kawasan elit ini dimiliki untuk investasi ketimbang ditinggali.


Berikut beberapa alasan properti orang kaya banyak yang dilego, yang dihimpun CNBC Indonesia.

Pandemi Berkepanjangan

Daya beli masyarakat yang menurun dan krisis akibat pandemi membuat sebagian masyarakat harus menjual aset, salah satunya rumah. Kondisi ini terjadi di kawasan elit seperti Menteng, Pondok Indah, hingga Kelapa Gading, sampai Kemang.

"Sekarang pilihan banyak, banyak yang mau jual. Dimana-mana mau jual, harga akan koreksi," kata Ketua DPD Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) DKI Jakarta, Clement Francis kepada CNBC Indonesia.

Menurutnya stok suplai rumah mewah kategori jual sudah naik 3 - 4 kali lebih banyak dari sebelum pandemi. Kemungkinan karena banyak bisnis orang kaya yang terdampak pandemi.

Bisnis Orang Kaya Terpuruk

Clement menjelaskan alasan penjualan kerap berkorelasi dengan kondisi keuangan pemilik. DIa mengakui tidak sedikit asalan orang menjual rumah karena keuangan pemilik terganggu.

"Dengan kondisi saat ini banyak sekali pengusaha-pengusaha atau berbagai kebutuhan bahwa mereka mau jual properti mereka. Kenapa? mungkin ada beberapa yang buat usahanya atau keperluan yang lain. Kondisi saat ini kita rasakan sejak pertengahan 2020," kata Clement.

Halaman 2>>>

Spekulan hingga Harga Makin Turun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading