Gratis! Daftar Bandara, Stasiun & Pelabuhan Layani Vaksinasi

News - Yuni Astuti, CNBC Indonesia
10 July 2021 10:35
Vaksinasi di Bandara Soetta, 9 Juli 2021, dok AP 2

Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan vaksinasi Covid-19 digelar di sejumlah fasilitas transportasi umum di antaranya bandara, stasiun kereta hingga pelabuhan.

Misalnya saja, PT Angkasa Pura II (Persero) bersama stakeholder berkolaborasi penuh dalam mendukung percepatan program vaksinasi nasional yang dicanangkan pemerintah sebagai upaya menciptakan kekebalan komunal (herd immunity) di tengah pandemi Covid-19.

President Director AP II Muhammad Awaluddin menuturkan perseroan berterima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga program vaksinasi dapat dijalankan di bandara-bandara AP II dengan baik.


"Berbagai program vaksinasi dijalankan di bandara AP II untuk mendukung percepatan program vaksinasi nasional. Selain dilakukan oleh AP II, terdapat juga program vaksinasi di bandara AP II yang dijalankan dengan berkolaborasi dan dukungan penuh dari berbagai stakeholder," ujarnya mengutip keterangan resminya, Sabtu (10/7/2021).

Sentra vaksinasi di bandara-bandara AP II ini selain untuk mendukung percepatan program vaksinasi nasional juga agar calon penumpang pesawat senantiasa mematuhi protokol kesehatan di tengah berlakunya PPKM Darurat Jawa - Bali, di mana setiap pelaku perjalanan menuju/dari Jawa dan Bali harus menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan tes PCR yang sampelnya diambil 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Pada 3-8 Juli 2021 sentra vaksinasi di bandara-bandara AP II telah menjalankan vaksinasi terhadap sekitar 8.350 orang. Program Ketiga, adalah program Serbuan Vaksinasi TNI AU di 5 bandara AP II pada 9 - 10 Juli 2021.

Sejalan dengan berbagai program vaksinasi yang dijalankan bersama oleh AP II dan stakeholder di bandara-bandara perseroan, diperkirakan hingga besok jumlah vaksinasi di lingkungan AP II diberikan kepada sedikitnya sebanyak 31.350 orang.

Adapun saat ini AP II mengelola 20 bandara, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), dan Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Lainnya yakni Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), dan Kertajati (Majalengka).

Kemudian, Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

Selanjutnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta membuka layanan vaksinasi bagi penumpang KA di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, mulai 3 Juli 2021.

Kegiatan vaksinasi di Stasiun Gambir dan Pasar Senen dibuka setiap hari pada pukul 08.00 s.d 12.00 WIB, dengan jumlah ketersediaan 100 vaksin per hari.

Berikut persyaratan dan kriteria peserta vaksin di stasiun:

1.Berusia >18 tahun

2. Belum pernah mendapatkan vaksin dosis pertama

3.Menunjukkan kode booking yang sudah dibayar atau tiket Kereta Api Jarak Jauh yang berlaku

4.Memiliki KTP (adapun NIK diperlukan untuk pendataan dan sertifikasi vaksin);

5.Datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan KA

6. Calon Penumpang dalam kondisi sehat, memiliki suhu tubuh normal yakni tidak lebih dari 37,5 derajat

7.Bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk di vaksin covid-19.

NEXT: Vaksinasi di Pelabuhan

Vaksinasi di Pelindo
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading