Hore! Mulai Besok Pemerintah Gelar Vaksinasi Booster Dosis 2

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 July 2022 11:26
Pengunjung mall mengantri untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga covid-19 di mall Bale Kota Tangerang, Banten, Selasa 19/07. Pemerintah resmi memberlakukan wajib vaksin booster atau dosis ketiga untuk masuk mal atau area publik lainnya. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Pengunjung mall mengantri untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga covid-19 di mall Bale Kota Tangerang, Banten, Selasa 19/07. Pemerintah resmi memberlakukan wajib vaksin booster atau dosis ketiga untuk masuk mal atau area publik lainnya. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan memastikan akan segera membuat edaran untuk pelaksanaan vaksinasi booster lanjutan pada pekan ini. Kebijakan ini akan mulai diberlakukan besok, Jumat (29/7/2022).

Hal tersebut dikemukakan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu saat berbincang dengan CNBC Indonesia, Kamis (28/7/2022).

"Hari ini kami buat edaran untuk pelaksanaan booster. Mulai besok [diberlakukan]," kata Maxi.

Maxi mengatakan untuk tahap awal, vaksinasi booster akan diperuntukkan bagi aparat tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan booster dosis pertama. "Untuk saat ini, baru SDM kesehatan," kata Maxi.

Pemerintah memang tengah merencanakan vaksinasi Covid-19 booster kedua alias dosis keempat. Keputusan ini diambil lantaran masa antibodi pasca vaksinasi hanya bertahan selama enam bulan.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengemukakan hingga saat ini belum ada tanda-tanda pandemi Covid-19 berakhir. Maka dari itu, perlu antibodi lanjutan khususnya bagi kelompok rentan.

"Apabila nanti pandemi terjadi berkepanjangan, maka ada suatu rekomendasi dari berbagai pihak untuk vaksinasi booster kedua khususnya pada kelompok berisiko contohnya lansia, tenaga kesehatan, dan yang melayani publik," kata Syahril beberapa waktu lalu


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kasus Harian Meledak, RI Masuk Gelombang 4 Covid-19?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading