Terungkap! Ini Alasan PLN Ikut-ikutan Masuk Bisnis Internet

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
02 July 2021 09:35
PLN

Jakarta, CNBC Indonesia - PT PLN (Persero), perusahaan BUMN yang mengurusi kelistrikan RI, kini melebarkan sayap ke bisnis internet. PLN menyediakan produk layanan internet broadband berbasis jaringan fiber optik bernama Iconnet melalui anak usahanya PT Indonesia Comnets Plus (ICON+).

Lalu apa alasan PLN melebarkan sayap ke bisnis internet?

Darmawan Prasodjo, Wakil Direktur Utama PLN buka-bukaan mengenai hal ini. Menurutnya, sebelum adanya New PLN Mobile, banyak sekali aset PLN yang belum terkelola dengan baik.


Selain itu, layanan pada pelanggan juga masih kurang baik. Lalu pada kepemimpinan yang baru, PLN didorong untuk melakukan digitalisasi organisasi. Lalu diejawantahkan melalui transformasi, dari bisnis yang berbelit-belit harus dipermudah.

"Modul-modul terkotak-kotak kita konsolidasikan data pelanggan yang tadinya tidak terkelola dengan baik. Saya ingat diskusi dengan adanya super Apps ini bisa kapitalisasi aset-aset PLN yang tadinya tidak terkelola dengan baik," ucapnya dalam acara peluncuran 'Program Promo Bundling Electrinet Lifestyle', Kamis (01/07/2021).

Dalam perjalanannya saat melakukan proses digitalisasi organisasi di tengah jalan, tiba-tiba terjadi pandemi, di mana pemerintah melakukan pembatasan dan meminta agar masyarakat belajar dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

"Jadi, muncul gaya hidup baru dan dari situ ada kebangkitan sektor telekomunikasi," kata Darmawan.

Melalui Iconnet ini menurutnya PLN akan semakin maju ke depan. Tantangan selama setahun ini bisa diselesaikan dan terbangun melalui kerja tim yang baik.

"Dalam apapun situasinya, tim ICON+ maju ke depan, melakukan operasional efektif di lapangan," ujarnya.

PLN bersama ICON+ baru saja meluncurkan program promo 'Electrinet Lifestyle' di mana masyarakat bisa pasang Iconnet dan mendapatkan harga spesial tambah daya listrik mulai dari 2.200 VA - 11.000 VA hanya dengan membayar Rp 202.100.

Direktur Enterprise Business ICON+ Julita Indah mengatakan ini adalah kolaborasi dengan PLN untuk pemasangan Iconnet dan tambah daya mulai dari daya 2200 VA sampai 11000 VA.

"Kolaborasi dengan PLN pasang Iconnet dapat harga spesial tambah daya listrik dari 2200 sampai 11000 VA hanya bayar Rp 202.100," paparnya.

Sebelumnya, dalam acara peluncuran Iconnet Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, pihaknya siap bersaing dengan kompetitor. Seperti IndiHome milik PT Telkom Indonesia Tbk (Persero), First Media, Biznet, dan lainnya.

"Hari ini kita lihat transformasi PLN, breakthrough fiber optic. Kita siap bersaing dengan kompetitor lainnya seperti dengan IndiHome, First Media, Biznet dan lainnya," paparnya saat acara peluncuran Iconnet, Senin (31/05/2021).

Menurut Zulkifli, PLN memang memiliki tanggung jawab untuk menerangi nusantara. Namun kini, PLN juga terpanggil untuk berkontribusi menerangi dan memberikan informasi cepat kepada pelanggan melalui penyediaan internet.

"Dengan tersedianya layanan Iconnet untuk masyarakat luas di seluruh Indonesia artinya PLN sudah siap jawab kebutuhan dan tuntutan pelanggan, tuntutan internet yang andal, cepat, dan sesuai dengan keekonomian masyarakat," jelas mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading