Round Up

Sengit! Iconnet PLN Siap Tantang First Media Hingga Biznet

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
01 June 2021 06:50
Icon+ PLN

Jakarta, CNBC Indonesia - Peta persaingan bisnisĀ internet broadband tampaknya bakal semakin ketat. Baru-baru ini, PT PLN (Persero) meluncurkan Iconnet, produk layanan internet broadband berbasis optik pada, Senin (31/5/2021).

Masuknya PLN akan menjadi pesaing baru para kompetitor yang sudah lebih dulu eksis di bisnis ini seperti IndiHome milik PT Telkom Indonesia Tbk (Persero), First Media, Biznet, dan lainnya. Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, pihaknya siap bersiang dengan kompetitor.

"Hari ini kita lihat transformasi PLN, breakthrough fiber optic. Kita siap bersaing dengan kompetitor lainnya seperti dengan IndiHome, First Media, Biznet dan lainnya," paparnya saat acara peluncuran Iconnet, Senin (31/05/2021).

Menurut Zulkifli, PLN memang memiliki tanggung jawab untuk menerangi nusantara. Namun kini, PLN juga terpanggil untuk berkontribusi menerangi dan memberikan informasi cepat kepada pelanggan melalui penyediaan internet.

"Dengan tersedianya layanan Iconnet untuk masyarakat luas di seluruh Indonesia artinya PLN sudah siap jawab kebutuhan dan tuntutan pelanggan, tuntutan internet yang andal, cepat, dan sesuai dengan keekonomian masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hampir semua kegiatan sehari-hari masyarakat Indonesia membutuhkan internet, mulai dari aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan hingga kebutuhan untuk hiburan. Tanpa internet cepat aktivitas masyarakat tidak akan berjalan dengan lancar.


"Usaha layanan internet butuh upaya yang nggak mudah, wilayah Indonesia negara kepulauan dan pegunungan jadi tantangan tersendiri. Tapi saya yakin tantangan ini bisa diselesaikan dengan baik jika tim PLN kolaborasi," tegasnya.

Zulkifli menjelaskan, PLN membangun jaringan listrik sampai ke pelosok negeri. Ke depan akan berkembang di mana ada listrik, maka di situlah ada Iconnet. Demi mendorong pelanggan internet dan bersaing dengan kompetitor, maka keandalan jaringan harus dilakukan secara menyeluruh.

"Saya selalu ingatkan, kita nggak bisa berjualan dengan baik kalau service kita buruk, syarat jualan baik adalah customer experience," tuturnya.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengungkapkan, pelanggan dapat dengan mudah mendaftar untuk pemasangan Iconnet ini. Melalui aplikasi PLN Mobile yang saat ini sudah dijangkau lebih dari 7 juta pelanggan, pelanggan dapat dengan mudah mendaftar. Di dalam aplikasi ini ada tanda Iconnet. Dengan mengklik tanda Iconnet, maka pelanggan bisa langsung mendaftar program internet rumah ini.



Berdasarkan situs Iconnet, untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, biaya berlangganan berada di kisaran Rp 185 ribu hingga Rp 427 ribu per bulan untuk kecepatan 10 Mbps hingga 100 Mbps.

Berikut daftar paket internet yang ditawarkan Iconnet:
- Iconnet 10:Biaya langganan Rp 185 ribu per bulan, pelanggan bisa menikmati internet dengan kecepatan hingga 10 Mbps dan kuota tak terbatas (unlimited quota).
- Iconnet 20:Biaya langganan Rp 207 ribu per bulan, pelanggan bisa menikmati internet dengan kecepatan hingga 20 Mbps dan kuota tak terbatas (unlimited quota).
- Iconnet 50:Biaya langganan Rp 297 ribu per bulan, pelanggan bisa menikmati internet dengan kecepatan hingga 50 Mbps dan kuota tak terbatas (unlimited quota).
- Iconnet 100:Biaya langganan Rp 427 ribu per bulan, pelanggan bisa menikmati internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps dan kuota tak terbatas (unlimited quota).

Untuk pemasangan saat ini tengah ada promo "Gratis Biaya Instalasi". Dengan demikian, bagi Anda yang ingin berlangganan Iconnet di bulan Mei ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Bila tidak ada promo, biaya pemasangan biasanya dipatok Rp 250 ribu.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading