Internasional

Jangan Iri! Negara-negara Ini Sudah 'Goodbye' Masker

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
22 June 2021 12:05
Warga Israel rayakan lengsernya Benjamin Netanyahu. (AP/Oded Balilty)

5. Selandia Baru

Selandia Baru juga menjadi negara yang sudah bebas dari penggunaan masker. Hal ini terjadi sejak April lalu, di mana lebih dari 50 ribu orang warga Selandia Baru memadati stadion Eden Park pada April lalu untuk menyaksikan konser terbesar secara langsung sejak pandemi dimulai.

Keberhasilan Selandia Baru memberantas Covid-19 ini tidak lepas dari tindakan cepat. Pemerintahannya yang langsung melakukan penguncian setelah adanya 2.700 kasus dan 26 kematian akibat Covid-19.




Dalam konser ini, masyarakat tidak menggunakan masker dan tidak ada peringatan untuk jaga jarak. Penonton hanya dipindai dengan alat saat masuk dan konser panitia menyediakan pembersih tangan di berbagai tempat stadion.

6. China

China adalah negara yang pertama kali melaporkan adanya kasus Covid-19. Ini terjadi di provinsi Wuhan. Tak ayal, virus tersebut disebut berasal dari negara tersebut.

Negara China juga paling pertama perjalanannya akibat aktivitas sosial yang dilakukan. Namun, juga menjadi negara yang paling pertama bangkit dari pandemi ini.

Saat ini, Wuhan dilaporkan telah berhasil menanggulangi Covid-19 dan sudah berkumpul bersama tanpa menggunakan masker. Bahkan, beberapa festival musik sudah dilakukan untuk merayakan kebebasan ini, salah satunya acara Wuhan Music Strawberry Festival yang dihadiri oleh 11 orang.

Warga Wuhan ikut bernyanyi, berteriak kencang, mengikuti aksi favorit dari band yang tampil di panggung. Kasus corona China secara keseluruhan-pun sudah bisa dikendalikan.

7. Australia

Australia juga salah satu negara yang sangat cepat dan tanggap menghadapi Covid-19. Saat kasus meningkat, pemerintahnya langsung melakukan penguncian secara ketat untuk pengendalian.

Warganya pun mematuhi protokol kesehatan sehingga kasus-kasus positif di negara tersebut dengan cepat tertanggulangi. Oleh karenanya, Australia pun mengizinkan turis masuk ke negaranya, namun hanya dari negara yang sudah bebas Covid-19 seperti Selandia Baru.

Dengan penanggulangan yang baik ini, rata-rata negara bagian sudah  tidak diwajibkan warga menggunakan masker saat melakukan aktivitasnya. Meski demikian, saat melakukan perjalanan dengan transportasi umum dan saat berada di rumah sakit, publik diminta untuk tetap memakai masker.

8. Bhutan

Bhutan menjadi salah satu negara yang telah memvaksinasi 90% warganya hanya dalam dua minggu. Sejak awal pandemi, negara tersebut hanya melaporkan satu kematian.

Dikutip dari Economic Times, meskipun Bhutan berbagi perbatasannya dengan India dan Cina, negara itu tidak pernah benar-benar dilanda pandemi karena tindakannya yang tepat waktu. Selain itu, Bhutan mengendalikan situasi pandemi bahkan tanpa melakukan penguncian.

9. Israel

Israel mulai mencabut peraturan masker sepenuhnya pada Selasa (15/6/2021) pekan lalu, ketika akhirnya pemerintah mencabut protokol masker di dalam ruangan setelah sebelumnya peraturan masker outdoor dicabut. Hal ini dikarenakan angka infeksi Covid yang menurun dan tingkat vaksinasi yang tinggi.

"Israel tidak lagi mewajibkan orang untuk memakai masker di dalam ruangan, karena laporan infeksi terus menurun," demikian kata Kementerian Kesehatan Israel.

Angka infeksi Covid sendiri telah menurun secara signifikan di negara itu. Para awal Juni, negara itu bahkan hanya mencatat satu kasus infeksi saja.

Mengenai vaksinasi, Israel sendiri sudah memberikan dua dosis vaksin Corona pada 57% populasinya.Negeri itu yakin, herd immunity (kekebalan komunal) sudah tercapai akhir Juni ini.




[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading