Internasional

Israel Sudah Tak Lagi Wajibkan Warga Pakai Masker di Indoor

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
16 June 2021 13:33
Warga Israel rayakan lengsernya Benjamin Netanyahu. (AP/Oded Balilty)

Jakarta, CNBC IndonesiaIsrael mencabut aturan pemakaian masker di dalam ruangan tempat umum, Selasa (15/6/2021). Hal ini dikarenakan angka infeksi Covid yang menurun dan tingkat vaksinasi yang tinggi.

Mengutip Business Insider, langkah ini mulai diberlakukan setelah Negara Yahudi itu mulai melonggarkan aturan pemakaian masker di luar ruangan. Per kemarin, dari data Worldometers, kasus corona Israel tercatat 11 kasus dengan nol kematian.


"Israel tidak lagi mewajibkan orang untuk memakai masker di dalam ruangan, karena laporan infeksi terus menurun," demikian kata Kementerian Kesehatan Israel.

Angka infeksi Covid sendiri telah menurun secara signifikan di negara itu. Para awal Juni, negara itu bahkan hanya mencatat satu kasus infeksi saja.

Mengenai vaksinasi, Israel sendiri sudah memberikan dua dosis vaksin Corona pada 57% populasinya.Negeri itu yakin, herd immunity (kekebalan komunal) sudah tercapai akhir Juni ini.

"Ini mungkin akhir dari Covid-19 di Israel, setidaknya dalam hal strain saat ini yang kita ketahui," kata Wakil Direktur Jenderal Sheba Medical Center di Tel Aviv, Dr Eyal Zimlichman.

Meski begitu, masker mungkin masih akan diperlukan dalam beberapa keadaan, seperti di beberapa fasilitas umum dan tempat karantina corona. Israel sejauh ini mencatat 840 ribu kasus Covid-19 dengan 6.428 orang yang meninggal sejak pandemi melanda.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading