Internasional

Lockdown 8 Bulan Berbuah Manis, Negara Ini Menang Lawan Covid

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 June 2021 10:10
Danau Bled, Slovenia/AP Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Slovenia mengakhiri status krisis virus corona di negara itu. Selasa (15/6/2021), negara pesisir sub-Alpin ini resmi mencabut status gawat darurat pandemi Covid-19, setelah delapan bulan lockdown (penguncian) ketat.

Mengutip US News, pencabutan ini memungkinkan warga melakukan aktivitas kembali. Namun kegiatan olahraga dan budaya akan berjalan lagi dengan pembatasan kapasitas 75%.


Meski demikian, izin itu hanya untuk orang-orang yang dapat menunjukkan bahwa mereka telah divaksinasi, dites negatif, atau pulih dari infeksi sebelumnya.

"Beberapa tindakan perlindungan akan tetap berlaku, seperti persyaratan untuk memakai masker wajah di dalam ruangan di depan umum dan menjaga jarak aman dari orang lain," kata Sekretaris di Kementerian Kesehatan, Franc Vindisar.

Slovenia sendiri sudah memvaksin 45% penduduk dewasa. Sebanyak 32% sudah vaksinasi lengkap.

Kemarin, mengutip Reuters, Slovenia hanya mencatatkan 112 kasus baru Covid-19 dan dua kasus kematian. Mengutip Worldometers, negara ini mencatat ada total 256.581 warga yang terinfeksi dengan 4.408 kematian.

Selain Slovenia, ada beberapa negara lain juga sudah mengakhiri 'perang' melawan corona dengan klaim kemenangan. Malta misalnya itu menyatakan sudah nol kasus dalam sehari setelah sempat melonjak sekitar Maret 2021


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Corona Menggila di ASEAN, Kok RI Aman? Tesnya Dikit, Bos...


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading