Permintaan Lompat 100%, Stok Mobil Baru di Dealer Ludes!

News - Ferry Sandi , CNBC Indonesia
11 June 2021 17:35
Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition  (Dok. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)) Foto: Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition (Dok. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI))

Jakarta, CNBC Indonesia - Masyarakat harus bersabar menunggu kedatangan mobil barunya akibat inden banyak pabrikan otomotif. Hal ini karena stok mobil di dealer-dealer ludes.

Hal ini terjadi di hampir semua agen pemegang merek (APM) di Indonesia. Selain Honda, Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) lain yang memberi indikasi terjadinya fenomena ini adalah Mitsubishi.

Pihak manajemen menyebut penyebabnya karena penjualan ritel terhadap Xpander dan Xpander Cross sepanjang Maret hingga Mei lalu meningkat 100 persen atau dua kali lipat dibanding sebelum relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPNBM), dari yang semula 2.500 unit/bulan menjadi 5.000 unit/bulan. Inden pun tidak terhindarkan.


"Memang permintaan atau demand itu sendiri sangat tinggi, jadi di awal-awal memang beberapa konsumen mengalami keterlambatan delivery. Dalam kesempatan ini kami menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatan tersebut," kata Direktur Pemasaran PT MMKSI, Irwan Kuncoro, Jumat (11/6).

Kedua mobil Mitsubishi yakni Xpander dan Xpander Cross masuk ke dalam skema relaksasi PPnBM berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 20/PMK.010/2021 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Setelah keluarnya kebijakan tersebut, pabrikan harus berbenah. Pasalnya, permintaan yang masuk juga lebih besar dari kapasitas produksi yang ada. Sayang, Irwan tidak merinci sampai kapan Mitsubishi melakukan inden.

"Pada saat bersamaan kami terus meningkatkan mengoptimalkan produksi dan supply. Jadi diharapkan situasi konsumen yang harus menunggu delivery akan berkurang ke depannya," ucapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading