Belum Berubah, BI Masih Perkirakan Ekonomi RI Tumbuh 4,1-5,1%

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
25 May 2021 14:22
Perry Warjiyo, Bank Indonensia. (Tangkapan layar Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) belum mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi 2021, yaitu di kisaran 4,1-5,1%. Ada apa?

"Pada triwulan II-2021, perekonomian terus membaik seperti tercermin dari ekspektasi konsumen, penjualan konsumen, serta realisasi ekspor-impor. Pertumbuhan ekonomi 2021 tetap sesuai dengan proyeksi pada April 2021 yaitu pada kisaran 4,1-5,1%," kata Perry Warjiyo, Gubernur BI, dalam jumpa pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode Mei 2021, Selasa (25/5/2021).


Dari sisi permintaan, lanjut Perry, perbaikan ekonomi nasional akan ditopang oleh peningkatan ekspor dan investasi. Sementara di sisi lapangan usaha, peningkatan akan terjadi di sektor industri pengolahan, perdagangan, dan konstruksi.

Sementara untuk perekonomian global, Perry menyebut terjadi perbedaan atau divergensi kecepatan pemulihan antara negara maju dengan negara berkembang. perbedaan itu disebabkan oleh ukuran stimulus fiskal dan moneter serta kecepatan vaksinasi anti-virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19).

"Di India, pertumbuhan ekonomi diperkirakan lebih lemah dari estimasi sejalan dengan kasus Covid-19 yang meningkat di negara itu. Namun sejumlah indikator dini mengindikasikan ekonomi global akan terus membaik. Tercermin dari Purchasing Managers' Index, keyakinan konsumen, dan penjualan ritel di berbagai negara yang meningkat. Volume perdagangan dunia mendorong kinerja ekspor negara berkembang, termasuk Indonesia," jelas Perry.


[Gambas:Video CNBC]

(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading