Wajib Tahu! Akses Mudah Mobile JKN dengan Smartphone

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
24 May 2021 12:02
Mobile JKN Foto: Mobile JKN

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki smartphone menjadi hal yang penting bagi para siswa di era pandemi ini. Segala sesuatu dapat dilakukan melalui smartphone bahkan untuk proses belajar mengajar.

Selain itu, smartphone merupakan salah satu teknologi yang paling diminati di era modern karena mudah diakses dan dibawa kemanapun. Hal serupa juga diungkapkan oleh Yurian Fajri (18) salah satu siswa SMKN 1 Meulaboh.

Remaja yang akrab disapa Rian ini mengatakan bahwa dirinya lebih menyukai handphone (HP) daripada alat teknologi lainnya. Menurutnya handphone lebih mudah di akses baik untuk belajar maupun untuk mengikuti trend terkini.

"Sekarang kami kalau belajar pakai HP, kami online sejak pandemi Covid-19 dan Rian lebih suka pakai HP daripada komputer karena kalau komputer harus dicharger lagi sedangkan HP bisa dibawa-bawa," jelas Rian mengawali pembicaraan.

Saat dijelaskan tentang manfaat aplikasi Mobile JKN, anak pertama dari dua bersaudara ini langsung menunjukan ketertarikannya dan mengunduh aplikasi tersebut. Seperti yang diketahui, aplikasi Mobile JKN dapat diunduh di Playstore atau Appstore.

Aplikasi ini memuat informasi tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dirasa sangat berguna untuk Rian. Rian mengakui berkat Mobile JKN, dirinya dapat mengetahui jenis kepesertaan dirinya dan keluarga, serta mendapatkan informasi terkini baik tentang Program JKN-KIS maupun fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Saya dan keluarga terdaftar di Puskesmas Meureubo sebagai fasilitas kesehatan tingkat I. Berarti nanti jika mau berobat cukup membawa HP saja? Tidak perlu membawa kartu lagi?," tanya Rian antusias.

Dalam kesempatan yang sama, Rian sangat bersyukur menjadi salah satu anak muda yang mendapatkan informasi langsung tentang aplikasi Mobile JKN. Menurut Rian penggunaan aplikasi Mobile JKN sangat sesuai dengan trend masa kini. Selain itu aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang wajib ada di smartphone remaja lainnya.

"Menurut Rian lebih gampang pakai Mobile JKN daripada bawa kartu. Pasti kawan-kawan yang lain juga setuju begitu karena memang lebih gampang, hanya membawa HP saja kita bisa berobat," ungkap Rian berbinar.

Rian berharap agar aplikasi Mobile JKN ini dapat disosialisasikan ke sekolahnya agar teman-temannya yang lain mendapatkan pengetahuan penting tentang Program JKN-KIS seperti dirinya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BPJS Kesehatan Dorong Pemenuhan Faskes di Daerah Terpencil


(yun/yun)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading