Hotel-Hotel Mulai Diobral Murah, Ternyata di Jakarta Bejibun!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
21 May 2021 14:35
Kendaraan melintas di kawasan Halte Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (13/10/2020). Usai dirusak massa sejumlah halte Transjakarta terpampang spanduk bertuliskan 'kami berbenah karena pengalaman dan pelayanan terbaik adalah hak anda

Jakarta, CNBC Indonesia - Fenomena hotel-hotel diobral murah saat ini menjadi fenomena di kota-kota besar di Indonesia dan terutama kawasan wisata, dari ekses pahit pandemi yang berkepanjangan. Selain di Bandung, Jogja, Surabaya, bahkan Bali, tren hotel-hotel dijual juga terjadi di DKI Jakarta.

Berdasarkan penelusuran, Jumat (21/5) di situs jual beli OLX misalnya, dengan menggunakan kata kunci "Hotel Dijual di Jakarta", langsung muncul ratusan iklan hotel dijual. Misalnya saja hotel yang relatif murah ada yang dijual 'hanya' Rp 3,2 miliar. Lokasi di Taman Palem Lestari, Cengkareng Jakarta dengan luas bangunan 2.000 meter.

Agak sedikit mahal, ada hotel dijual di Jl. KS Tubun 1, Kelurahan Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat, untuk 46 kamar dijual Rp 25 miliar. Bahkan ada hotel berbintang dengan 27 lantai ada 330 kamar, di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, diobral Rp 880 miliar. Selebihnya masih banyak lagi hotel-hotel yang dilego oleh pemiliknya.


Di situs online lain seperti Lamudi tak kalah banyaknya hotel yang dijual. Kata kunci untuk wilayah 'Jakarta' saja ada 300 lebih hotel yang dijual. Misalnya di Kemang Jakarta Selatan ada hotel dijual Rp 60 miliar,

Di kawasan elite lainnya seperti Jalan Widya Chandra Kebayoran Baru dijual hotel Rp 105 miliar.

Jakarta Selatan dan Jakarta Barat termasuk yang banyak hotel dijual, masing-masing ada 98 hotel dan 87 hotel.

Fenomena ini tak terlepas dari badai pandemi Covid-19, industri perhotelan terkena tekanan yang sangat parah. Tidak sedikit hotel yang harus gulung tikar akibat berlarut-larutnya pandemi.

Pemilik hotel harus berputar otak, salah satu yang akhirnya ditempuh dengan menjual hotelnya itu demi bisa mendapatkan cashflow. Termasuk juga mudah ditemui di situs jual beli online.

"Fenomena hotel dijual di marketplace sudah ada sebelumnya juga, cuma sekarang lebih banyak karena ada pandemi yang sulit, jadi wajar-wajar aja karena kesulitan keuangan jadi dijual," kata Ketua BPD Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Sutrisno Iwantono kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hotel Bertumbangan: Kamar Kosong 90%, Diobral Sampai Tutup!


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading