Jokowi Kutuk Penyerangan Keji Israel Terhadap Warga Palestina

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
12 May 2021 19:21
Keterangan Pers Presiden RI setelah Meninjau PPDI Brondong, Lamongan, (6/5/2021). (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintahan Presiden Joko Widodo menegaskan mengutuk tindakan pengusiran dan penyerangan terhadap warga Palestina oleh Israel. Hal ini dinilai sudah tidak dapat dibiarkan sehingga pemerintah Indonesia telah mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan nyata.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar (Menlu) Negeri Retno LP Marsudi saat melepas bantuan hibah Pemerintah RI kepada India, Rabu (12/05/2021) siang. Dikutip dari akun instagram resmi @sekretariat.kabinet.

"Pada Selasa (11/05/ 2021), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan posisi tegas Indonesia bahwa tindakan Israel mengusir warga Palestina dari Syekh Jarrah, Yerusalem Timur dan menyerang warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa merupakan tindakan yang tidak dapat dibiarkan," kata Retno.


"Kepala Negara juga menyampaikan bahwa Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan oleh Israel. Ditegaskan Presiden, Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina."

Dia menegaskan, Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina. Terutama untuk kondisi terbaru saat ini yang terjadi Gaza yang telah menyebabkan puluhan korban jiwa dari warga sipil.

Selain mendesak Dewan Keamanan PBB, kata Retno, pemerintah Indonesia juga melakukan upaya melalui Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People (CEIRPP) di mana saat ini Indonesia merupakan wakil ketua dalam organisasi di bawah PBB tersebut.

Organisasi ini didirikan pada 1975 dengan tujuan untuk memperjuangkan hak-hak kemerdekaan Palestina.

"Indonesia juga mengusulkan agar OKI dan GNB agar dapat melakukan pertemuan khusus untuk membahas masalah ini," tegas Retno.

"Indonesia juga terus mendesak Dewan Keamanan PBB dapat mengambil langkah nyata menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan dan perlindungan ke Palestina."

"Sudah terlalu lama hak-hak bangsa dan rakyat Palestina digeoroti Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya," tandasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading