Mafia Alutsista

Prabowo Bereaksi Soal Mister M Mafia, Connie Balik Membalas!

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
10 May 2021 11:22
Indonesian Defense Minister Prabowo Subianto talks to media during a press conference regarding a missing navy submarine in Bali, Indonesia,Thursday, April 22, 2021. Indonesia's navy ships are intensely searching the waters where one of its submarines was last detected before it disappeared, as neighboring countries are set to join the complex operation. (AP Photo/Firdia Lisnawati)


Sebelumnya, Dahnil mengingatkan jangan sampai apa yang disampaikan Connie sekadar menjadi rumor dan fitnah, termasuk ada industri pertahanan bayangan.

"Sebutkan saja jenderal yang dia sebut-sebut bermain itu siapa? Apalagi Bu Connie menyebutkannya dengan embel-embel tidak memperoleh pengetahuan yang cukup terkait itu. Kasihan banyak jenderal yang baik-baik di Kemhan dan TNI yang menginginkan perubahan mendasar dan menguatkan pertahanan RI menjadi lebih baik namun menjadi korban tuduhan dan rumor yang disampaikan oleh Bu Connie," kata Dahnil.

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya ini mengingatkan kalau tradisi akademisi adalah jujur dan menyampaikan sesuatu didasari oleh fakta dan data, bukan rumor apalagi fitnah. Akademisi bisa salah namun tak boleh berbohong.

"Jadi, kami akan sangat berterimakasih agar Bu Connie menyebut saja mafia-mafia itu, dan kita dukung agar ditindak secara hukum," ujar Dahnil.

"Karena sejak awal menjadi menteri pertahanan, Pak Prabowo Subianto selalu mewanti-wanti tidak ada tempat bagi siapa pun yang mau bermain-main dalam upaya modernisasi alutsista karena ini terkait dengan eksistensi Indonesia sebagai bangsa, kewibawaan Indonesia sebagai negara. Beliau ingin semua upaya modernisasi alutsista dilakukan dengan akuntabel dengan tetap menjaga kepentingan nasional," lanjutnya.

RI masih berduka atas tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402 dua pekan lalu. Atas kejadian ini muncul desakan untuk melakukan peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Di tengah kondisi tersebut wacana mengenai keberadaan 'mafia' alutsista atau broker alutsista mengemuka. Menanggapi hal ini Pemerhati Pertahanan Connie Rahakundini Bakrie mengungkapkan ada mafia alutsista berinisial Mister M yang mengambil keuntungan dari transaksi alutsista di Indonesia.

Pernyataan ini muncul saat dia diwawancara oleh CNBC Indonesia. Kala itu, ia ditanya soal realisasi dari upaya Presiden Jokowi yang sebelumnya memerintahkan agar broker transaksi jual beli alutsista diberantas.

"...yang bermain terlalu banyak..," katanya dalam acara Impact CNBC Indonesia.



Akan tetapi Connie enggan mengungkapkan siapa Mister M yang dimaksud. Namun, soal broker dalam pengadaan alutsista memang sudah menjadi rahasia umum. Sejak tahun 2016, Jokowi mengingatkan agar peran broker dalam pengadaan alutsista dipangkas.



Publik pun bertanya-tanya, siapa sebenarnya mafia pengadaan alutsista ini. Banyak spekulasi bermunculan, tapi belum banyak pihak yang mau memperjelas dan mengungkapkan siapa Mister M ini.

Saat dikonfirmasi CNBC Indonesia kembali Minggu (9/5/2021), Connie menjawab ia tak akan menyebutkannya. Ditegaskannya lagi, sebenarnya bukan nama sosoknya yang penting tapi niat negara membuka dampak yang ditimbulkan alustsista dan latihan serta tugas operasional TNI.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/hoi)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading