Dahnil Sindir Connie: Kalau Tahu Mafia Alutsista, Laporkan!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 May 2021 14:40
Indonesian Defense Minister Prabowo Subianto talks to media during a press conference regarding a missing navy submarine in Bali, Indonesia,Thursday, April 22, 2021. Indonesia's navy ships are intensely searching the waters where one of its submarines was last detected before it disappeared, as neighboring countries are set to join the complex operation. (AP Photo/Firdia Lisnawati)

Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak meminta akademisi sekaligus pemerhati pertahanan Connie Rahakundini Bakrie melaporkan inisial 'Mr M' yang dianggap sebagai mafia alutsista Indonesia kepada aparat penegak hukum.

"Yang tahu mafianya 'Mr M', Connie. Sebutkan saja dan lapor kalau dia ada data dan faktanya. Begitu kualitas intelektual akademisi yang baik," kata Dahnil saat berbincang dengan CNBC Indonesia, Selasa (11/5/2021).

Inisial 'Mr M' belakangan menjadi salah satu topik hangat. Ia dianggap sebagai seorang mafia dari pengadaan alutsista.

Tudingan itu bermula dari pernyataan Connie yang mengungkap ada mafia alutsista berinisial 'Mr M' yang mengambil keuntungan dari transaksi alutsista di indonesia.

Namun, sampai saat ini dari sisi pemerintah maupun Connie enggan membeberkan siapakah Mr. M. Bahkan, kedua pihak justru saling melempar wacana ke publik.

Dahnil menilai, seharusnya Connie dapat mempertanggungjawabkan pernyataannya. Sebab, isu yang dilontarkan Connie kini telah menjadi konsumsi publik.

"Connie menyebutkan ada mafia inisialnya 'Mr M'. Itu dia sampaikan ke publik untuk konsumsi publik. Maka sebagai pertanggungjawaban dia ke publik, dia harus sebutkan ke publik supaya tidak ada fitnah dan sekedar rumor. Apalagi dia sebutkan dia tahu," kata Dahnil.



Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya itu menilai profesi akademisi yang dijalankan Connie seharusnya menjadi sebuah pencerahan kepada publik, tidak mengumbar gosip belaka. Dahnil menantang Connie untuk mengungkap siapa 'Mr M' yang dimaksud.

"Akademisi itu kaya konsepsi dan pencerahan, bukan mengumbar gosip. Saran saya pertanggungjawabkan ke publik. Sebutkan saja," ujarnya.

"Sebagai contoh, Bang Faisal Basri dulu, beliau dengan terang menyebut siapa nama mafianya di satu institusi. Nah itu baru intelektual yang bertanggung jawab dengan ucapannya, bukan menebar rumor dan gosip," tegasnya.

Dahnil juga angkat bicara mengenai pernyataan Connie yang meminta otoritas pertahanan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam tahapan proses CADMID.

"Kalau Kemhan, pihak Itjen selalu berkoordinasi pihak KPK. Bahkan Irjen beberapa kali mengundang KPK ke Kemhan untuk bicara pengawasan, akuntabilitas, pengelolaan anggaran," katanya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading