Tembus 3,5 Juta Kasus, Jerman Pun Kewalahan Lawan Covid-19

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
08 May 2021 15:00
People attend a protest rally in Berlin, Germany, Saturday, Aug. 29, 2020 against new coronavirus restrictions in Germany. Police in Berlin have requested thousands of reinforcements from other parts of Germany to cope with planned protests at the weekend by people opposed to coronavirus restrictions. (AP Photo/Michael Sohn)

Jakarta, CNBC Indonesia - Meski disebut-sebut memiliki penanganan yang lebih baik saat ini, namun kasus positif Covid-19 di Eropa terus bertambah setiap harinya. Di Jerman, pertambahan kasus umumnya berada di angka belasan ribu kasus per hari.

Berdasar badan pemerintah yang bertanggung jawab untuk pengendalian dan pencegahan penyakit Robert Koch Institute (RKI), kini angka kasus Covid-19 berada di belasan ribu kasus per hari.

"Jumlah kasus virus corona yang dikonfirmasi di Jerman meningkat 15.685 menjadi 3.507.673, untuk penyakit menular pada hari Sabtu. Korban tewas yang dilaporkan naik 238 menjadi 84.648," data Robert Koch Institute (RKI) dikutip dari Reuters, Sabtu (8/5/2021).


Jika membandingkan dengan masa awal pandemi, penambahan kasus hanya berada di bawah 1.000 kasus/hari. Namun, memasuki bulan Oktober 2020, petaka mulai datang dengan penambahan kasus mencapai belasan ribu kasus/hari.

Bahkan, jumlah penambahan kasus Covid-19 sempat mencapai lebih dari 36 ribu kasus/hari pada medio Desember silam. Kala itu, Jerman memiliki memori kurang baik soal penanganannya. Bahkan, jenazah sementara di kontainer pengiriman yang sudah disesuaikan sebagai langkah penanganan pada awal pandemi.

Dua jenazah Covid-19 ditempatkan di dalam kontainer yang memiliki suhu pendingin. Kontainer tersedia untuk 25 jenazah, hal ini dilakukan karena kamar mayat di rumah sakit setempat sudah penuh.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading