Harganya Sampai Jutaan, Ini 8 Tanaman Hias Aglaonema Populer

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 May 2021 14:32
Aglonema Lipstik (Tangkapan Layar Tokopedia/Habitart nursery)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias aglaonema kini kembali tren di Indonesia. Banyaknya orang yang mengembangkan hobi merawat tanaman hias menyebabkan tanaman satu ini populer kembali.

Aglaonema berasal suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema mencapai sekitar 30 spesies. Aglaonema sendiri suka tinggal di habitan hujan tropis. Tanaman ini cocok hidup di lingkungan lembab dengan intensitas cahaya sedikit.


Kepopulerannya kini membuat sejumlah jenis dicari. Berikut delapan jenis Aglaonema yang banyak dicari, termasuk harganya, dirangkum CNBC Indonesia.

1. Aglaonema Red Valentine

Saat ini Red Valentine kembali digemari banyak orang. Varietas ini mempunyai daun yang lonjong dan lancip pada ujungnya, daunnya berwarna hijau dengan corak berwarna kemerahan.

Harga tanaman cukup terjangkau. Biasanya dibanderol di beberapa e-commerce dari puluhan ribu untuk bonggolnya saja dan ratusan ribu untuk tunas remaja.

2. Aglaonema Suksom

Jenis aglaonema ini berwarna merah. Daunnya ada yang agak membulat maupun lancip seperti yang seperti jantung.

Hampir seluruh daun tanaman ini berwarna merah darah. Karena warnanya tersebutlah yang membuat tanaman ini banyak disukai orang.

Tampilannya yang merah membara membuatnya dapat menjadi tanaman yang menjadi sorotan di sekitar rumah. Saat ini harga satu aglaonema suksom remaja berada di kisaran Rp 250 ribu ke atas. Untuk yang dewasa dan rimbun, harganya bisa mencapai Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

Aglonema Sukson Jaipong (Tangkapan Layar Tokopedia/berkahqueen)Foto: Aglonema Sukson Jaipong (Tangkapan Layar Tokopedia/berkahqueen)
Aglonema Sukson Jaipong (Tangkapan Layar Tokopedia/berkahqueen)

3. Aglaonema Red Ruby

Sesuai dengan namanya, varietas ini memiliki warna merah muda seperti permata ruby. Red ruby merupakan salah satu jenis aglaonema lokal yang merupakan hasil persilangan dari pembudidaya dalam negeri.

Tanaman ini memiliki daun yang berukuran agak kecil dengan panjang sekitar 15 - 20 cm. Daunnya berbentuk agak membulat dengan ujung yang lancip. Saat ini tanaman ini memiliki harga jual sekitar Rp 100- Rp 200 ribu per tanaman dewasa

4. Aglaonema Khanza

Aglaonema khanza ini sangat mahal harganya. Itu karena tanaman khanza ini adalah tulang daun dan tepi daunnya yang berwarna pink.

Pada daun muda warnanya hijau tua yang kemudian akan menjadi warna hijau kekuningan seiring bertambahnya umur daun. Pada saat awal rilisnya tanaman ini biasa dihargai sekitar Rp 5 juta - Rp 7 juta untuk tanaman dewasa.

Tetapi di tahun 2020 ada perubahan tren, harganya di pasaran menjadi turun hingga sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta  saja untuk tanaman dewasa.

5. Aglaonema Kochin

Tanaman ini memiliki warna daun pink dengan tepi daun yang berwarna hijau tua. Tanaman ini dijual dengan harga sekitar Rp 250 ribu rupiah.

Taneman Aglonema (CNBC Indonesia/ Sefti Oktarianisa)Foto: Taneman Aglonema (CNBC Indonesia/ Sefti Oktarianisa)
Taneman Aglonema (CNBC Indonesia/ Sefti Oktarianisa)

6. Aglaonema Snow White

Tanaman ini memiliki daun berwarna putih dengan sedikit corak hijau di dalamnya. Walaupun harganya sudah sangat turun drastis dan banyak dijual dengan harga Rp 20 ribu rupiah saja tetapi jenis ini masih banyak dicari orang.

7. Aglaonema Red Sumatera

Tanaman ini mendapatkan julukan "pride of Sumatera" yang artinya kebanggaan Sumatera. Walau harganya sudah tak mahal dulu tetapi tanaman ini harganya masih cukup stabil jika dibandingkan varietas lama lainnya yang sudah sangat turun.

Tanaman dewasanya harganya masih berkisar antara Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta.

8. Aglaonema Bidadari

Varietas ini paling banyak dicari orang di tahun 2020 ini dan pernah booming pada tahun 2018. Pada saat itu harga aglaonema bidadari ini dapat mencapai Rp 10 juta.

Tetapi dikarenakan pembudidayaan secara besar besaran terhadap tanaman yang memiliki batang berwarna merah muda ini mengakibatkan harganya pada tahun 2020 hanya sekitar Rp 300 - Rp 400 ribu.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading