10 Tanaman Hias Cantik & Tahan Banting untuk Dekorasi Dapur

Lifestyle - Syarifah Rahma, CNBC Indonesia
24 April 2021 20:15
Queen Marble Pothos atau Sirih Gading Susu (Photo by Severin Candrian on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias indoor semakin digemari banyak orang. Selain membuat suasana dekorasi ruangan menjadi segar, tanaman hias juga mampu meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. Maka dari itu, tak hanya di ruang keluarga saja, tanaman pun hias bisa diletakkan di berbagai ruangan, termasuk dapur. Dijamin deh, dapur kamu akan semakin cantik!

Namun sayangnya, tak semua tanaman hias bisa kamu taruh di dapur. Karena tak semua tanaman indoor mampu hidup di ruangan hangat dan kering seperti dapur. Selain itu, ada pula tanaman indoor yang tetap membutuhkan cahaya matahari. Sehingga, penting untuk memilih jenis tanaman yang cocok dengan kondisi dapur kita.

Nah, kita intip yuk berbagai tanaman hias yang cocok diletakkan di dapur! Ini dia daftarnya, melansir The Spruce via Haibunda.com.


1. Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Tanaman sirih gading memang terkenal tangguh dalam kondisi apapun. Tanaman ini pun tak perlu perawatan secara intens. Untuk dekorasi minimalis, kamu bisa meletakkan tanaman ini dalam vas bening dan biarkan daun sirih gadung menjutai di atas rak yang terbuka.

2. Philodendron

Tanaman kekinian yang satu ini memang cocok ditempatkan di dalam ruangan. Karena, tanaman yang berbentuk daun lebar ini menyukai cahaya yang teduh dan tahan terhadap udara yang panas dan kering. Dengan kata lain, tanaman ini cocok ditempatkan di dapur kamu.

3. Tanaman Herbal

Nah, kalau dapur kamu memiliki pencahayaan yang bagus sepanjang hari, tidak ada salahnya mencoba menanam tanaman herbal di dapur. Varietas herbal yang mudah ditanam di dalam ruangan diantaranya kucai, mint, rosemary, basil, oregano, dan ketumbar. Selain perawatannya yang mudah, kamu bisa memotong daunnya kapan saja untuk keperluan memasak. Pas sekali kan?

4. Sukulen

Sukulen adalah tanaman yang menyimpan air dalam berbagai struktur seperti daun/batangnya, sehingga membuat tanaman ini tahan kering dan minim perawatan. Namun, tanaman ini harus terkena paparan sinar matahari langsung, baik secara penuh maupun parsial. Nah, kalau dapur kamu memiliki jendela yang besar, boleh nih tanaman yang satu ini dicoba.

Tanaman spider plant (Photo by 王维家 on Unsplash)Foto: Tanaman spider plant (Photo by 王维家 on Unsplash)

5. Spider Plant

Tanaman ini dikenal memiliki fungsi sebagai penyerap racun dalam ruangan. Spider plant dapat tumbuh dengan cepat, sehingga akan sangat cantik bila digantungkan di dalam pot. Selain tangguh, tanaman ini kadang menghasilkan bunga putih juga loh.

6. Snake Plant (Sansevieria trifasciata)

Tanaman yang dikenal dengan nama 'Lidah Mertua' ini memiliki bentuk yang unik, dengan daun keras dan runcing. Tanaman ini disebut-sebut menawarkan energi pelindung jika dimasukkan ke dalam rumah. Lidah Mertua memang menjadi salah satu andalan untuk jenis tanaman indoor, karena bisa menyerap racun seperti karbondioksida, formaldehyde dan benzene dalam polutan. Serunya, tanaman ini hadir dalam berbagai warna dan ukuran yang berbeda!

7. Tanaman Karet kebo (Ficus elastica)

Seperti tanaman lainnya, yang satu ini juga 'tahan banting'. Sehingga, cocok untuk diletakkan di sudut dapur. Tanaman ini juga bisa membersihkan udara loh.

8. Tanaman Kopi

Meskipun jangan berharap kalau bisa memanen biji dan menyeduhnya, namun tanaman kopi tetap bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dekorasi dapur. Daunnya yang rimbun, kompak dan mengkilap membuatnya tetap menarik untuk dipelihara. Apalagi, sama seperti kopi, tanaman ini bisa menyerap bau yang tidak sedap.

9. ZZ Plant (Zamioculcas)

Zamioculcas zamiifolia sekilas tampak seperti tanaman palsu, karena bentuknya yang tebal, berdaging dan terlihat sangat mengilap. Tanaman hias ini mudah beradaptasi dan dapat tumbuh di tempat redup maupun terang. Terlebih lagi, tanaman ini hampir tidak perlu disiram.

10. Violet Afrika (Saintpaulia)

Nah, untuk yang menyukai bunga potong, violet Afrika ini bisa menjadi pilihan yang sempurna. Tanaman ini bisa berbunga hampir sepanjang tahun. Tak hanya violet, tanaman ini pun terdiri dari beberapa warna lainnya. Nah, tanaman ini menyukai cahaya terang tetapi tidak langsung. Untuk tanaman yang satu ini, jangan lupa rajin disiram ya!

Selengkapnya simak halaman berikut ini >>>>>>>>>>


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading