Nah Lho.. Jokowi Bakal Tahan Dana Transfer Buat Pemda Bandel

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
05 May 2021 04:30
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian Memberikan Keterangan Pers Mengenai Bantuan Sosial (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden) Foto: Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian Memberikan Keterangan Pers Mengenai Bantuan Sosial (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk menahan dana transfer ke daerah sampai simpanan pemerintah daerah (pemda) di bank akhirnya dibelanjakan.

"Kalau kita lihat ada yang tidak bergerak dananya, saya akan minta ke Menkeu saran kami kita gunakan transfer berbasis kinerja, kalau kinerja enggak bergerak, transfer ditahan dulu sampai di belanjakan," ujar Tito dalam Musrenbangnas, seperti dikutip Rabu (5/5/2021)

Dana daerah tersebut, kata Tito akan ditransfer lagi ketika simpanan di bank sudah mulai berkurang. Hal ini bisa menghindari tumpukan dana dan di sisi lain masyarakat juga terbantu atas program pemerintah daerah tersebut.


"Kalau kinerja enggak bergerak transfer ditahan dulu sampai dibelanjakan, kalau sudah mendekati berkurang baru transfer, kalo ditumpuk tolong disimpan lagi," jelasnya.

Permasalahan ini sebetulnya klasik. Sejak beberapa tahun lalu, pemda memang suka menumpuk dana di bank walaupun rakyatnya menjerit. Sementara pencairan baru dilakukan pada akhir tahun di mana tingkat efektivitasnya sangat rendah.

Tahun lalu pemerintah menggelontorkan banyak uang ke daerah karena memahami penerimaannya sangat rendah. Tujuannya agar uang tersebut langsung disalurkan pada program-program yang membantu masyarakat.

Hanya saja kenyataannya berbeda. Dana dari pusat malah mampet di pemda. Kondisi yang sama kembali terulang pada tahun ini. Pemda juga lambat dalam belanja. Terlihat dari dana simpanan di perbankan yang naik menjadi Rp 182 triliun pada Maret 2021.

"Kuartal II kita harapkan melompat untuk bisa melompat ke 7%. Tidak mungkin pemerintah pusat yang bergerak. Pemda juga, tolong belanjakan," ujarnya.

"Belanja jangan seperti bisnis biasa, belanja banyak di akhir tahun, proyek selesai baru dibayar, di kuartal II ini tolong digenjot," tegas Tito.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading