Duit Pemda Ngendon di Bank, Gimana RI Mau Tumbuh 6% Kayak AS!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
30 April 2021 10:18
Rupiah (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ekonomi Amerika Serikat (AS) tumbuh tinggi pada kuartal I-2021. Indonesia bukan tidak mungkin mengalami hal serupa, asalkan duit pemerintah tidak banyak cuma ngendon di bank.

Pada kuartal I-2020, Produk Domestik Bruto (PDB) Negeri Paman Sam tumbuh 6,4% secara kuartalan yang disetahunkan (annualized). Lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yaitu 4,3% dan lebih baik ketimbang ekspektasi pasar di mana konsensus pasar yang dihimpun Reuters memperkirakan 6,1%.


"Pada awal 2021, ekonomi terlihat kuat seiring peningkatan aspek kesehatan dan vaksinasi yang masif. Selain itu, ada dorongan dari stimulus fiskal dan dukungan kebijakan moneter. Ke depan, kami melihat ekonomi akan semakin kuat dari spring bloom menjadi summer boom," kata Lydia Boussour, Lead US Economist di Oxford Economics yang berbasis di New York, seperti dikutip dari Reuters.

Konsumsi rumah tangga pada kuartal I-2021 melonjak 10,7% didorong oleh peningkatan belanja kendaraan bermotor, furnitur, perangkat elektronik, dan rekreasi. Terlihat bahwa konsumen sudah berani makan-minum di luar rumah, menginap di hotel, dan berjudi. Artinya, rumah tangga sudah sangat berani untuk mengeluarkan uang, tidak lagi menabung.

Ini belum terjadi pada kuartal IV-2020. Kala itu konsumen lebih memilih menabung, terlihat dari simpanan masyarakat yang meningkat menjadi US$ 4,12 triliun dari US$ 2,25 triliun pada kuartal sebelumnya.

Peranan pemerintah begitu nyata dalam mendongkrak perekonomian Negeri Adidaya. Dalam setahun terakhir, pemerintah menggelontorkan hampir US$ 6 triliun yang efektif untuk mendorong permintaan.

growthSumner: Reuters

"Kuartal II akan lebih 'panas' lagi. Masyarakat sudah memiliki lebih banyak uang dan mereka yang sudah divaksin akan mulai berbelanja dan plesiran," kata Sung Won Sohn, Profesor Ekonomi dan Keuangan di Loyola Marymount University di Los Angeles, sebagaimana diwartakan Reuters.

Untuk keseluruhan 2021, konsensus Reuters memperkirakan ekonomi AS bakal tumbuh lebih dari 7%. Jika terwujud, maka akan menjadi catatan terbaik sejak 1984.

Halaman Selanjutnya --> Belanja Pemerintah Jadi Kunci Saat Pandemi

Belanja Pemerintah Jadi Kunci Saat Pandemi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading