Internasional

WHO: Corona India Badai yang Sempurna

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
28 April 2021 08:56
Kondisi Rumah Sakit di India (Tangkapan Layar Youtube CNBC Television)

Jakarta, CNBC Indonesia - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut corona (Covid-19) diĀ India sebagai "badai yang sempurna". Virus menyebar massif di tengah pelonggaran- pemerintah, abainya warga ke protokol kesehatan, varian ganas hingga vaksinasi corona yang rendah.

Kasus corona harian baru di India, untuk enam hari berturut-turut hingga Selasa (27/4/2021), masih tercatat di atas 300.000 kasus. Padahal fasilitas kesehatan dan tenaga medis telah kalang kabut, dengan pasien yang terus berdatangan dan minimnya obat serta oksigen.


"Seperti yang terjadi di negara mana pun, WHO telah mengatakan kombinasi relaksasi tindakan perlindungan pribadi, pertemuan massal dan varian yang lebih menular sementara cakupan vaksin masih rendah dapat menciptakan badai yang sempurna," kataJuru bicara WHO Tarik Jasarevic, dikutip dari AlJazeera.

WHO sendiri telah mengirimkan empat ribu konsentrator oksigen, rumah sakit lapangan bergerak prefabrikasi dan persediaan laboratorium. WHO juga mengatakan telah memindahkan lebih dari 2.600 ahli dari berbagai program, termasuk polio dan tuberkulosis, untuk bekerja dengan otoritas kesehatan India guna membantu menanggapi pandemi.

Sementara itu, seorang dokter di rumah sakit New Delhi mengatakan situasi saat ini di ibu kota itu sangat membuat putus AS. Tempat tidur dan ventilator penuh terpakai.

"Ruangan gawat darurat penuh pasien, mereka tak punya tempat untuk pergi," kata Summit Ray di AlJazeera melalui Skype.

"Dokter muda, perawat semua trauma. Mereka bekerja sangat keras tetapi hancur secara mental."

Secara total menurut Worldometers per Rabu (28/4/2021),India melaporkan 17,6 juta angka infeksi Covid-19 dengan 198 ribu kematian. Sejumlah negara juga telah memberikan bantuan seperti Singapura, Jerman, dan Amerika Serikat (AS).


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading