Titik KRI Nanggala-402 Terdeteksi: 40 Kilometer Utara Bali

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
23 April 2021 16:25
The Indonesian Navy submarine KRI Nanggala takes part in a drill off Cilegon, Indonesia, in this Tuesday, Oct. 3, 2017 photo. Indonesia's navy is searching for the KRI Nanggala submarine that went missing north of the resort island of Bali with a number of people on board, the military said Wednesday, April 21, 2021. (AP Photo) Foto: Kapal selam TNI AL KRI Nanggala. (AP Photo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia Mayor Jenderal TNI Achmad Riad menyampaikan perkembangan operasi pencarian KRI Nanggala-402.

Dalam keterangan pers di Pangkalan TNI AU Ngurah Rai, Bali, Jumat (23/4/2021), Riad mengungkapkan titik pencarian semakin difokuskan di salah satu lokasi di utara Pulau Bali.

"Jadi kalau ditarik garis jaraknya dari cerukan bawah itu kurang lebih sekitar 40 kilometer. Di sekitar daerah tersebutlah diperkirakan dari yang kemarin ditemukan ada tumpahan minyak kemudian juga ada daya magnet yang besar itu sudah mulai terdeteksi di daerah tersebut," katanya.

"Sehingga sekarang sedang dilaksanakan terus pemantauan di wilayah tersebut dengan memanfaatkan semua peralatan yang ada," lanjutnya.




Sebelumnya, Riad bilang kalau ada 21 KRI, termasuk KRI Alugoro yang terlibat dalam pencarian itu. Bantuan dari sejumlah lembaga seperti Polri juga sudah dikerahkan.

"Dari kepolisian ROV juga sudah dikerahkan semua, termasuk dari KRI Rigel," ujar Riad.

Bantuan dari negara-negara sahabat juga sudah mulai tiba. Misalnya lima personel Angkatan Bersenjata Singapura sudah on board di KRI Dr. Soeharso maupun tim asal Amerika Serikat (AS).

"Timnya sudah datang tadi untuk berkoordinasi," kata Riad.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

KSAL: KRI Nanggala 402 Terbelah 3 Bagian, Kedalaman 838 Meter


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading