Erick Thohir Pastikan Abu Dhabi Investasi Rp 145 T ke SWF RI

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
17 April 2021 20:21
Menteri Badan Usaha Milik Negara RI (BUMN) Erick Thohir dalam acara CNBC Indonesia Award 2020 Indonesia dengan tema Menyongsong Bangkitnya Ekonomi Indonesia 2021. (CNBC

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan sovereign wealth fund Abu Dhabi atau Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) akan berinvestasi US$ 10 miliar ke SWF Indonesia atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

Jika dikonversi ke dalam rupiah, nilai investasi ADIA tersebut berkisar Rp 145 triliun (kurs Rp 14.500/US$).

"Alhamdulillah kemarin ADIA sudah announce US$ 10 billion ke Indonesia," jelas Erick dalam Milenial Fest x PPI Belgia secara virtual, Sabtu (17/4/2021).


Lebih lanjut, Erick menjelaskan, komitmen ADIA tersebut melengkapi investasi dari negara lainnya yang akan masuk ke dalam LPI yang kini disebut sebagai Indonesia Authority Investment (INA).

Adapun investor yang sudah berkomitmen untuk berinvestasi ke SWF Indonesia yakni, US International Development Finance Corporation (USDFC) mencapai US$ 2 miliar dan Jepang US$ 4 miliar.

Erick melanjutkan, LPI didirikan bertujuan memajukan infrastruktur di Tanah Air dan tak lagi mengandalkan utang. Saat ini, biaya logistik di Indonesia bahkan lebih tinggi dibandingkan dunia.

"Dari Kanada, Belanda, dan pension fund lainnya sudah komitmen untuk bangun Indonesia, karena future ekonomi Indonesia luar biasa," jelasnya.

"Kita bangun infrastruktur dengan modal, bukan lagi utang, human capital. Indonesia logistiknya masih mahal, kita 23 persen, dunia kurang lebih 12%," ujarnya lagi.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading