Jokowi Sentil Kepala Daerah yang Cepet Puas Cuma Baca Laporan

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 April 2021 08:50
Presiden instruksikan jajaran segera lakukan langkah tanggap darurat. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil kepala daerah yang kerap puas hanya membaca laporan saja. Padahal, laporan tersebut seharusnya ditindaklanjuti kebenarannya dengan pengecekan di lapangan.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada peserta Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, dikutip Kamis (15/4/2021).

"Dalam bekerja jangan hanya puas membaca laporan saja. Cek di lapangan, lihat di lapangan, kontrol di lapangan, inovasi, kecepatan, ketetapan kebijakan sangat dibutuhkan sekarang ini," kata Jokowi.


Jokowi mengingatkan bahwa jabatan yang saat ini dipegang kepala daerah merupakan kehormatan sekaligus tanggung jawab yang besar dan berat. Jokowi tak ingin kepala daerah hanya bekerja berdasarkan rutinitas semata.

"Harus ada goal oriented, result oriented. Orientasinya adalah hasil, harus berani berinovasi bukan sekedar mengikuti rutinitas. Hati-hati ini," katanya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta para kepala daerah bisa membuat kebijakan dengan skala prioritas yang jelas dan terarah. Sehingga alokasi anggaran yang diberikan bisa terukur dan terkonsentrasi.

"Menurut saya, semakin sedikit kegiatan akan semakin secara manajemen akan semakin gampang ngontrolnya, semakin gampang ngeceknya, dan hasilnya akan semakin keliatan," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bisakah Mendagri Copot Gubernur? Ini Penjelasannya


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading