Internasional

Semua Tiarap! Kim Jong Un Mau Lempar Rudal Antarbenua

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
14 April 2021 10:02
North Korean leader Kim Jong Un watches the test-fire of two short-range ballistic missiles on Thursday, in this undated picture released by North Korea's Central News Agency (KCNA) on July 26, 2019.  KCNA/via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. REUTERS IS UNABLE TO INDEPENDENTLY VERIFY THIS IMAGE. NO THIRD PARTY SALES. SOUTH KOREA OUT.

Jakarta, CNBC Indonesia - Korea Utara (Korut) dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran senjata nuklir rudal balistik antarbenua (ICBM) pada tahun ini. Hal ini terjadi sebagai bentuk manuver Pyongyang agar Washington mau untuk meneruskan dialognya.

Dikutip AFP, laporan disampaikan kantor Direktur Intelijen Nasional (DNI) Amerika Serikat (AS). Intelijen beranggapan bahwa negara pimpinan Kim Jong Un itu sedang menguatkan posisinya untuk menjadi kekuatan penting yang diakui dunia internasional.


"Pemimpin Korut Kim Jong Un dapat mengambil sejumlah tindakan agresif dan berpotensi membuat tidak stabil untuk membentuk kembali lingkungan keamanan regional dan mendorong perselisihan antara AS dan sekutunya. Termasuk dimulainya kembali pengujian senjata nuklir dan rudal balistik antarbenua (ICBM) " tulis laporan itu, dimuat Rabu (14/4/2021).

"Kami menilai bahwa Kim memandang senjata nuklir sebagai pencegah utama terhadap intervensi asing dan percaya bahwa seiring waktu dia akan mendapatkan penerimaan dan penghormatan internasional sebagai kekuatan nuklir."

Korut belum menguji rudal jarak jauh dalam lebih dari tiga tahun. Negara itu juga telah membiarkan pintu terbuka untuk pembicaraan dengan AS tentang denuklirisasi semenanjung Korea.

Belum ada konfirmasi Korut terkait kabar ini. Sebelumnya Korut mengatakan telah meluncurkan jenis baru rudal balistik taktis jarak pendek.

Hal ini juga membawa kekhawatiran bahwa negeri komunis itu bisa saja menembakkan rudalnya kemanapun, termasuk ke rivalnya Korea Selatan (Korsel). Bahkan minggu lalu, AS, Korsel, dan Jepang mengadakan perundingan yang menyepakati bahwa ketiganya akan terus konsisten untuk terus menekan Korut dalam pengembangan nuklirnya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading