Internasional

Ampun Komandan! Korut Tembak Rudal Lagi, 5 Kali Sebulan

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
25 January 2022 15:50
Uji tembak rudal hipersonik di lokasi Korea Utara. (via REUTERS/KCNA)

Jakarta, CNBC IndonesiaKorea Utara (Korut) kembali menembakkan dua rudal jelajah, Selasa (25/1/2022) pagi waktu setempat. Ini merupakan kelima kalinya negeri Kim Jong Un melakukan uji coba senjata bulan ini.

"Korut menembakkan dua rudal jelajah yang dicurigai," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) dalam sebuah pernyataan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut, dikutip AFP.


"Badan intelijen AS dan Korsel sedan menganalisis peluncuran."

Sebelumnya Kim Jong Un telah mengumumkan komitmen memodernisasi militer sejak Desember 2021. Ini diikuti dengan serangkaian tes senjata, yang bahkan disaksikannya sendiri.

Sejumlah negara, termasuk AS dan tetangganya Korsel dan Jepang telah mengutuk tindakan tersebut. Mereka menyebut langkah Korut menganggu stabilitas kawasan.

Washington bahkan telah memberlakukan sanksi ke negeri itu awal bulan ini. Namun sayangnya, Pyongyang menganggap hal itu "provokasi".

Sementara itu, Dewan Keamanan PBB gagal menjatuhkan sanksi baru soal uji coba senjata Korut. Rusia dan China memblokir keputusan, yang semestinya keluar pekan lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wow! Kim Jong Un Nonton Debus, Tentara Korut Telanjang Dada


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading