Begini Tips Sri Mulyani untuk Bangkitkan Pariwisata Bali

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
08 April 2021 15:26
Sri Mulyani dan Suahasil lapor SPT. (Dok humas pajak) Foto: Sri Mulyani dan Suahasil lapor SPT. (Dok humas pajak)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan pihaknya mendorong pemulihan jangka pendek dan panjang agar pariwisata di Bali bisa kembali bangkit.

"Reaktivasi pariwisata jangka pendek, pemulihan pariwisata Bali diawali dengan reaktivasi pariwisata di kawasan-kawasan tertentu yang sudah menerapkan protokol kesehatan," katanya dalam Bali Economic and Investment Forum 2021 secara virtual, Kamis (8/4/2021).


Kemudian dalam jangka panjang, pemulihan pariwisata di Bali, kata Sri Mulyani, bisa diarahkan untuk diversifikasi destinasi pariwisata. Serta melakukan pengembangan pariwisata ke wilayah lain di Bali, khususnya Bali Utara.

Dalam keseimbangan daya dukung, pengembangan aktivitas ekonomi di Bali bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan keseimbangan terhadap daya dukung fisik, lingkungan, sosial, dan budaya.

Kemudian, lanjut Sri Mulyani sektor pertanian di Bali juga harus untuk diprioritaskan.

"Sektor pertanian merupakan kontributor terbesar perekonomian Bali, tetap perlu ditempatkan sebagai salah satu bidang prioritas pembangunan. Sejalan dengan visi 'Nangun Sat Kerti Loka Bali' yang diemban Pemerintah Provinsi Bali," ujarnya.

Dalam upaya akselerasi pemulihan pariwisata di Bali, menurut Sri Mulyani perbaikan infrastruktur juga perlu dilakukan.

Perbaikan infrastruktur di Bali untuk mendukung imunitas wisatawan maupun upaya membuka aksesibilitas di kawasan-kawasan potensi wisata yang belum terjangkau dengan baik.

"Pemetaan potensi dan keunggulan setiap wilayah di Bali bermanfaat untuk mendorong investasi, serta harmonisasi antar sektor ekonomi dan antar wilayah," jelas Sri Mulyani.


[Gambas:Video CNBC]

(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading