Ini KL yang Rajin Belanja di Awal Tahun, Kemenkes Naik 400%

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
23 March 2021 14:57
Vaksin AstraZeneca. (AP/Christophe Ena)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan mencatat ada empat Kementerian/Lembaga (K/L) yang paling rajin belanja barang selama Februari 2021. Mulai dari Kementerian Kesehatan hingga Kementerian PUPR.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, realisasi belanja barang hingga akhir bulan Februari tercatat Rp 18,2 triliun atau tumbuh 13,5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Paling tinggi Kementerian Kesehatan di mana Februari tahun lalu belanja barangnya hanya Rp 900 miliar dan tahun ini meningkat tajam 398,3% menjadi Rp 4,4 triliun.


"Karena mereka membelanjakan untuk berbagai kebutuhan vaksinasi dan untuk 3T yang memang meningkat sangat tinggi yaitu sampai 4 kali lipat dibandingkan Februari tahun lalu yang belum terjadi Covid," ujarnya dalam konferensi pers APBN KiTa, Selasa (23/3/2021).

Kedua adalah Kementerian PUPR yang sudah melakukan belanja barang senilai Rp 2 triliun atau naik 107,5% dari periode yang sama tahun sebelumnya hanya Rp 1 triliun.

"Belanja PUPR itu terutama untuk belanja sarana dan prasarana jembatan dan jalan," jelasnya.

Ketiga ada Kementerian Pertahanan yang juga meningkat 12,9% belanja barangnya. Dimana hingga akhir Februari tahun ini terealisasi Rp 1,8 triliun dari sebelumnya 1,6 triliun.

Terakhir adalah Polri yang mencatat belanja barang senilai Rp 2,3 triliun hingga akhir Februari lalu. Realisasi ini naik 9,5% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang tercatat Rp 2,1 triliun.

"Ini karena Kemenhan dan Polri diminta turun untuk mengendalikan Covid melalui pembatasan skala mikro sampai ke level desa," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading