Internasional

Alert! Rudal Serang Fasilitas Minyak Saudi Aramco di Jeddah

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
04 March 2021 15:00
Smoke is seen following a fire at Aramco facility in the eastern city of Abqaiq, Saudi Arabia, September 14, 2019. REUTERS/Stringer

Jakarta, CNBC Indonesia -Pemberontak Houthi Yaman mengklaim telah menembak rudal ke fasilitas minyak milik raksasa energi Arab Saudi, Saudi Aramco, di kota Jeddah Kamis(4/3/2021).

Dilansir AFP, Juru bicara Huthi Yahya Saree di Twitter mengklaim pemberontak menghantam dengan rudal Quds-2 pada subuh hari sebagai pembalasan atas kampanye militer enam tahun yang dipimpin oleh Arab Saudi di Yaman.


Serangan itu membawa sebuah kekhawatiran besar akan mudahnya menyerang fasilitas minyak milik Arab Saudi bagi pemberontak yang disokong oleh Iran itu.

Houthi telah meningkatkan serangan ke kerajaan dalam beberapa pekan terakhir untuk merebut benteng terakhir Marib milik koalisi pemerintah Yaman yang didukung Saudi.

November lalu, pemberontak menghantam pabrik Aramco di Jeddah dengan rudal Quds-2, membuat lubang di tangki minyak dan memicu ledakan dan kebakaran.

Kemudian, pada hari Sabtu (27/2/201), ledakan keras mengguncang ibu kota Riyadh ketika koalisi yang dipimpin Saudi mengatakan itu menggagalkan serangan rudal Houthi, yang membuat pecahan peluru menghujani rumah-rumah warga sipil.

Perang saudara Yaman yang berlangsung selama enam tahun telah mengadu domba para pemberontak yang didukung Iran melawan pemerintah yang diakui secara internasional yang disokong oleh Arab Saudi

Konflik yang parah telah merenggut puluhan ribu nyawa dan jutaan orang mengungsi, menurut organisasi internasional, memicu apa yang disebut PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading