Daging Ayam Hingga Perhiasan Turun Harga di Februari 2021

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
01 March 2021 14:03
Peternak memanen telur ayam di peternakan kawasan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020). Pemerintah resmi menaikkan harga acuan daging dan telur ayam ras untuk mengimbangi penyesuaian tingkat harga di pasar yakni harga telur ayam di tingkat peternak dinaikkan dari Rp18 ribu-Rp20 ribu per kg menjadi Rp19 ribu-Rp21 ribu per kg sedangkan daging ayam ras dinaikkan dari Rp18 ribu-Rp19 ribu per kg menjadi Rp19 ribu-Rp20 ribu per kg. Lukman 45 tahun Peternak  mengatakan kenaikan harga tersebut sebagai hal yang positif. Sebab, bila tidak hal itu tentu dirasakan merugikan. Pasalnya, saat ini nilai tukar dolar terhadap rupiah tengah menguat dan mempengaruhi berbagai hal, termasuk biaya transportasi.
 (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi inflasi sebesar 0,10% selama Februari 2021. Inflasi ini lebih lambat dibandingkan dengan Januari 2021 dan juga Februari 2020.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, meski terjadi inflasi namun masih ada juga beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga mendorong deflasi.

"Daging ayam ras dan telur ayam ras alami penurunan harga dan beri andil ke deflasi masing-masing 0,02% dan beberapa komoditas holtikultura seperti tomat dan cabai rawit sehingga memberi andil deflasi 0,01%," ujarnya secara virtual, Senin (1/3/2021).


Untuk deflasi tertinggi terjadi di Gunung Sitoli sebesar 1,55%. Ini terjadi karena adanya penurunan harga cabai merah, ikan dan cabai rawit. Sedangkan deflasi terendah terjadi di kota Malang dan Tarakan.

Selain itu, deflasi juga terjadi karena didorong penurunan harga emas dan perhiasan.

"Kita tahu harga emas batangan, logam mulia di pasar internasional mengalami penurunan dan berpengaruh ke harga emas perhiasan di Februari ini dibandingkan Januari," jelasnya.

Sementara itu, ada lima kelompok yang tidak memberikan andil baik ke inflasi maupun deflasi yakni pakaian dan alas kaki; kesehatan; infokom; rekreasi, olahraga dan budaya; serta pendidikan.

"Lima kelompok ini tidak memberikan andil ke inflasi Februari," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading