Perangi Covid-19, Pemerintah Serahkan Bantuan 35 Juta Masker

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
24 February 2021 16:45
Penyerahan Bantuan Pemerintah 35 Juta Masker (Tangkapan Layar Youtube PerekonomianRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian memberi bantuan berupa 35 juta masker kain standar 3 lapis yang diserahkan kepada KPC PEN untuk didistribusikan ke masyarakat.

"35 juta masker kain melalui KPC PEN yang nanti akan didistribusikan kepada TNI Polri, yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat, sebagai salah satu mendorong pertumbuhan industri nasional IKM atau industri besar," kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang di Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Masker kain ini diproduksi oleh industri tekstil dalam negeri baik skala besar atau IKM yang telah memenuhi standar uji kain masker. Adapun penyerahan hari ini merupakan tahap awal, dan akan diselesaikan bulan depan.


"Dari 35 juta, yang ditargetkan selesai maksimal pada pertengahan Maret 2021," ujarnya.

Catatannya, saat ini industri nasional memproduksi APD dan masker dengan kapasitas 39,6 juta per bulan. Surgical gown sebanyak 24,9 juta, masker medis 400,5 juta per bulan dan masker N95 360 ribu per bulan serta masker kain lebih dari 95 juta per bulan.

"Selain dipasarkan dan untuk penanganan covid-19, produk APD juga diekspor, tahun 2020 mencapai US$ 264 juta," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menko Airlangga Hartarto mengatakan sesuai arahan Presiden mendorong kepatuhan masyarakat menggunakan masker. Salah satunya membagikan masker yaitu masker yang bisa dicuci dan memenuhi syarat.

"3 ply, untuk covid-19. Masyarakat bisa menggunakan berulang," katanya.

Pihaknya mendukung bantuan masker tersebut dan diharapkan bisa segera digunakan oleh masyarakat. "Diharapkan bisa digunakan di masyarakat dan didistribusikan melalui TNI dan polri dan aksi ini betul-betul melindungi masyarakat agar terlindungi dari pandemi," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading