Ekonomi RI Masih Lesu di Awal 2021, Ini Buktinya!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
01 February 2021 12:19
Suasana pekerja jasa servis telepon seluler di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Tmur, Kamis (28/5/2020). CNBC Indonesia/Tri Susilo
Wabah virus korona membuat masyarakat beraktivitas tidak seperti biasanya, seperti para penjual jasa servis telepon Pusat Grosir Cililitan (PGC) yang sampai turun ke jalan.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan para penjual jasa servis telepon genggam di PGC menawarkan jasanya sampai ke tepi jalan karena larangan membuka gerai di mal tersebut.

Para penjual jasa layanan yang dapat ditunggu, tidak hanya itu, mereka juga menyediakan jaminan untuk semua merek telepon keamanan.   

Para pemilik kios servis telepon genggam di Mall Pusat Grosir Cililitan (PGC) terpaksa menawarkan jasanya di pinggir jalan. Mereka harus tetap bayar biaya sewa kios 50 persen. Sementara pamasukan tidak ada.  

Indra memiliki 3 kios tempat servis HP di Mall PGC, dan telah bertahun-tahun menjalankan aktifitas menawarkan jasa tersebut. Dengan kondisi Pandemik Covid-19, selain berdiam diri dipinggir jalan menunggu pelanggan, ia juga menggunakan cara promosi dan pemberitahuan lewat media sosial dan aplikasi percakapan WA.

Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki 2021, perekonomian Indonesia masih belum bisa 'berlari'. Dampak pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) begitu luar biasa sehingga bakal terasa dalam waktu yang tidak sebentar.

Ekonomi Tanah Air yang masih tertatih-tatih tergambar dalam data inflasi. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi Januari 2021 adalah 0,26% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/MtM).

Sementara inflasi tahunan (year-on-year/YoY) berada di 1,55%. Kemudian inflasi inti tercatat 1,56% YoY.


Realisasi inflasi ini lebih rendah ketimbang ekspektasi pasar. Konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan inflasi bulanan sebesar 0,35% dan inflasi tahunan ada di 1,65%.

Dibandingkan Desember 2020 pun terjadi perlambatan laju inflasi. Kala itu, inflasi bulanan adalah 0,45% dan inflasi tahunan 1,68%.

Corona Masih Membayangi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading