Menparekraf Sandi Sebut Ada Dana Hampir Rp 10 T Buat Bali

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
31 January 2021 14:02
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan bakal 'mengguyur' dana bagi pariwisata Bali, nilainya hampir Rp 10 triliun. Ia beralasan kucuran dana ini demi menyelamatkan jutaan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Ada tiga hal yang akan kita lakukan, pertama terus mendorong dan lebih giat mengusahakan program Rp. 9,9 triliun pinjaman lunak untuk lokomotifnya pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali," katanya dikutip dari akun media sosial instagram @sandiuno, Minggu (31/1/2021).


Sandi yang sudah berkantor di Bali sejak pekan ini belum merinci syarat yang harus dipenuhi pelaku usaha demi mendapatkan bantuan tersebut. Sembari berjalan, bakal ada juga program vaksin afirmasi.

"Karena kita lihat ekonomi Bali -12%, bali mendapat perhatian khusus dari segi vaksin, program Pemerintah yang membantu upaya bertahan bali dan menyiapkan kebangkitannya," papar Sandi.

Selain dua program itu, Ia sedang mengkaji untuk menerapkan program FCC (Free Covid-19 Corridor), yakni mengizinkan masuk warga negara asing (WNA) dari luar negeri ke Indonesia dengan persyaratan tertentu.

"Rencananya yang boleh masuk kesini yang sudah mendapatkan vaksin di negara asalnya dan disini dilakukan antigen mungkin, dan mereka bisa langsung beraktivitas karena mereka sudah free covid," kata Sandi.

"Saya akan mempelajari, jika seandainya ini mendapat dukungan dari semua mari kita dukung dalam bentuk pilot project jadi memulanya dulu seperti apa, nanti teman-teman lakukan diskursus, tadi Pak Wagub juga bilang mendukung pembicaraan mengenai free covid corridor," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading