Internasional

Mantul! Australia Catat 10 Hari Tanpa Kasus Corona Lokal

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
27 January 2021 14:40
The moon rises over the Sydney Opera House as smoke from bushfires shrouds the skyline in Sydney, Australia November 12, 2019.  REUTERS/John Mair

Jakarta, CNBC Indonesia -Rekor kembali dicatat tetangga RI, Australia. Negara itu mencatat tak ada kasus corona (Covid-19) lokal selama 10 hari berturut-turut.

Menteri Kesehatan Federal Greg Hunt mencuit kesuksesan negara itu. Ia berterima kasih pada seluruh pihak yang membantu 'menjaga' Australia 'agar tetap aman'.


"Nasihat baru saja diterima, di mana 10 hari berturut-turut, nol kasus penularan komunitas di seluruh Australia. Padahal pada saat yang sama, kasus Covid yang dikonfirmasi di dunia melewati 100 juta dan hampir 17 ribu nyawa telah melayang dalam 24 jam terakhir," katanya dikutip dari Twitter @GregHuntMP.

"Terima kasih untuk semua yang membantu menjaga kami tetap aman."



Ini memungkinkan negara bagian terpadat, New South Wales (NSW), untuk melonggarkan pembatasan. Perdana Menteri negara bagian NSW Gladys Berejiklien akan memulai pelonggaran Jumat (29/1/2021) mendatang.

Pelonggaran ini termasuk peraturan seputar pemakaian masker dan peningkatan jumlah orang dalam pesta rumah, pernikahan, pemakaman, dan tempat ibadah. Sebelumnya aturan ketat telah diterapkan sejak akhir tahun kemarin terutama di Sydney.



Berejiklien mengisyaratkan bahwa pembatasan akan dilonggarkan lebih lanjut dalam dua minggu jika tidak ada kasus kembali. Ia pun menekankan soal keseimbangan yang tepat antara pertumbuhan ekonomi dan pengendalian virus.

"Keduanya berjalan seiring, Anda tidak dapat memiliki perekonomian terbuka kecuali Anda memastikan pengaturan kesehatan yang benar," katanya, sambil mendesak warga Sydney untuk keluar dan menjalani tes COVID-19 bahkan untuk yang "paling ringan dari gejala ". Katanya seperti dituliskan Reuters.

Meski begitu, Negeri Kanguru masih mencatatkan sedikit penambahan kasus baru. Kasus baru ini terdeteksi datang dari pelancong yang masuk dari luar negeri (imported cases), dengan empat kasus per Selasa.

Saat ini Australia mencatat lebih dari 22.000 kasus lokal sejak pandemi dimulai dan 909 kematian. Negara bagian Victoria, yang menjadi tuan rumah turnamen tenis Australia Terbuka, sudah tiga minggu tanpa kasus lokal.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Ada Kasus Covid-19 Terbaru, Australia Buka 'Gerbang' Asia


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading