Walau Pandemi, RI Tetap Seksi Buat Investasi! Beneran Nih...?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
25 January 2021 14:28
Pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi. (CNBC Indoensia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Meski dihantui pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19), tidak semua cerita berakhir sedih. Di tengah berbagai keterbatasan, ada sebuah prestasi yang patut mendapat apresiasi.

Prestasi itu adalah realisasi investasi. Tidak disangka tidak dinyana, Indonesia masih jadi negara yang 'seksi' di mata investor, walau katanya sedang dalam masa prihatin akibat pandemi.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaporkan, nilai realisasi investasi di Tanah Air pada 2020 mencapai Rp 817,2 triliun. Angka ini adalah 101,1% dari target yang ditetapkan pemerintah.


Lebih hebat lagi, nominal Rp 817,2 triliun mencerminkan pertumbuhan 2,1% dibandingkan 2019. Di tengah suasana yang serba sulit karena pandemi, investor masih rela menanamkan modalnya di Indonesia.

Dalam komponen pembentuk Produk Domestik Bruto (PDB) dari sisi pengeluaran, investasi alias Penanaman Modal Tetap Bruto (PDB) menjadi kontributor kedua terbesar, hanya kalah dari konsumsi rumah tangga. Oleh karena itu, realisasi investasi yang impresif tentu akan menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Tidak hanya itu, investasi juga berperan penting dalam mendongrak konsumsi rumah tangga. Investasi tentu menciptakan lapangan kerja. Semakin banyak penduduk yang terserap menjadi tenaga kerja tentu membuat daya beli rakyat secara keseluruhan kian kuat.

Sepanjang 2020, investasi yang masuk berhasil menyerap 1.156.361 tenaga kerja. Lebih tinggi dibandingkan 2019 yang sebanyak 942.835 tenaga kerja.

2020 Berat, Sangat Berat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading