Armin Laschet Jadi Bos Partai CDU, Next Kanselir Jerman?

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
16 January 2021 18:41
Governor of North Rhine-Westphalia and candidate for the party chairmanship, Armin Laschet, speaks at the CDU's digital national party conference. In the studio, the candidates for the party presidency give their candidacy speeches, while the delegates at home follow the event in the livestream. German Chancellor Angela Merkel’s party is choosing a new leader on Saturday, eight months before voters decide who will succeed Merkel in a national election.  (Michael Kappeler/dpa via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Armin Laschet telah diputuskan terpilih menjadi pemimpin partai berkuasa Jerman, Partai Persatuan Demokratik Kristen (CDU). Ia akan menggantikan posisi Angela Merkel yang sebelumnya bertengger di kursi itu.

Dilansir CNBC International, Laschet saat ini adalah perdana menteri di wilayah Rhine-Westphalia Utara Jerman, negara bagian terpadat di negara itu.

Lahir pada tahun 1961, ia pertama kali terpilih menjadi anggota Bundestag (Parlemen Jerman) pada tahun 1994 dan pemilihannya dipandang sebagai kelanjutan dari kebijakan Merkel, karena ia telah berjanji untuk menjaga CDU tetap kokoh di "tengah masyarakat".


Ia memenangkan posisi itu dari dua calon kuat lainnya yaitu Friedrich Merz dan Norbert Röttgen

Mengingat Armin Laschet merupakan penerus dari kebijakan Merkel, posisi membuatnya mudah melenggang dalam kontestasi pemilihan Kanselir pada September mendatang. Pasalnya Laschet yang mendukung Merkel akan mendapatkan juga dukungan-dukungan dari partai lain dan mengembangkan koalisi besar.

Mengingat posisi CDU yang besar dalam percaturan politik Jerman, siapapun yang akan terpilih menjadi pemimpin CDU kemungkinan besar akan menjadi Kanselir Jerman akan datang.

Angela Merkel sendiri sudah menyatakan bahwa dirinya tidak akan maju lagi pada pemilihan September mendatang. Di dalam CDU, ia telah melepaskan singgasananya kepada Annegret Kramp Karrenbauer pada tahun 2018.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading