Termasuk Menteri, Ini Pejabat Trump yang Resign Usai AS Chaos

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
08 January 2021 15:22
Betsy DeVos

Jakarta, CNBC Indonesia - Unjuk rasa ricuh yang disertai pengepungan gedung parlemen The Capitol di Washington DC, Amerika Serikat (AS), oleh massa pendukung PresidenĀ Donald Trump ternyata telah membuahkan kekecewaan besar bagi para pejabat di kabinet.

Tercatat ada beberapa pejabat dalam administrasi Trump yang mengundurkan diri dari jabatannya. Dikutip Washington Post, latar belakang para pejabat itu beragam, dari menteri, staf ahli, asisten deputi, hingga ahli-ahli Kementerian Luar Negeri.

Lantas, siapa saja pejabat-pejabat yang resign akibat demo ini? Berikut daftarnya

1. Eliene Chao, Menteri Transportasi

Chao memutuskan untuk mengundurkan diri pada Kamis (7/1/2021) sore waktu setempat. Hal itu terkonfirmasi dari sebuah pesan yang diposting ke Twitter-nya. Ia mengklaim keputusan ini diambil karena rasa terusik yang besar terhadap apa yang terjadi di Capitol.

"Saat saya yakin bahwa insiden ini menjadi permasalahan baru bagi anda semuanya, saya pun merasa sangat merasa terusik dengan kejadian ini dan saya tidak bisa mengesampingkan hal itu," tulis Chao.



2. Betsy DeVos, Menteri Pendidikan

Dalam sebuah pernyataan, DeVos menyatakan pengunduran dirinya dengan mengatakan kekerasan di Capitol Hill Rabu adalah "titik perubahan".

DeVos adalah salah satu anggota kabinet terlama dan paling kontroversial Trump. Dia adalah sekutu setia dalam membatalkan perlindungan anti-diskriminasi untuk anak transgender, dan mengancam akan mengambil dana dari sekolah yang menghambat kemungkinan atlet transgender untuk berpartisipasi dalam tim yang sesuai dengan jenis kelamin mereka.

Bahkan, dalam surat perpisahan kepada Kongres awal pekan ini, dia mendesak anggota parlemen untuk menolak kebijakan yang didukung oleh Joe Biden.

3. Hunter Kurz, Asisten Sekretaris untuk Perumahan Umum dan Pemukiman Suku Indian

Kurz merupakan seorang Asisten Sekretaris untuk Perumahan Umum dan Pemukiman Suku Indian. Ia resign pada tanggal 7 Januari.

4. Tyler Goodspeed, Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih

Tyler Goodspeed memutuskan untuk mundur pada 7 Januari. Peristiwa di US Capitol kemarin membuat Tyler menyimpulkan bahwa posisinya tidak dapat dipertahankan, kata Rachael Slobodien, kepala staf dewan, dalam sebuah pernyataan.


Dari Utusan Khusus Irlandia Hingga Sekretaris Pers Gedung Putih
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading