Cek! Kota-Kota yang Kena PSBB Ketat, Daerah Kamu Bukan?

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
06 January 2021 13:52
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang lebih ketat di Jawa dan Bali. Menteri Perekonomian sekaligus Ketua KPC-PEN Airlangga Hartarto mengatakan hal ini dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Rabu (6/1/2021).

"Kabupaten kota yang sudah dilihat datanya adalah satu provinsi risiko tinggi, DKI Jakarta dan sekitarnya seluruh DKI. Jabar (yakni), Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi. Khusus Banten, (yakni) Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangsel, Tangerang Raya," katanya.


"Jabar di luar Jabodetabek, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi. Jateng, Semarang Raya, Solo Raya, dan juga Banyumas Raya. Sedangkan Yogyakarta adalah Kabupaten Gunung Kidul, Sleman, Kulonprogo. Jatim, Malang Raya, Surabaya Raya. Bali, Denpasar, Kabupaten Badung," katanya.

Menurutnya wilayah-wilayah tersebut memenuhi salah satu dari empat parameter yang ditetapkan. Yakni tingkat keterisian tempat tidur di RS, kasus aktif, tingkat kesembuhan di bawah nasional, dan tingkat kematian di atas nasional.

"Pemerintah daerah, gubernur akan tentukan wilayah dengan pembatasan tersebut," katanya lagi.

Adapun pembatasan yang diperketat antara lain membatasi Work From Office (WFO) hanya menjadi 25% dan Work From Home (WFH) menjadi 75%. Lalu kegiatan belajar mengajar dengan daring.

Sektor esensial khusus kebutuhan pokok masih akan beroperasi 100% namun dengan protokol kesehatan. Pusat perbelanjaan alias mal boleh beroperasi sampai jam 19.00 WIB sementara restoran hanya 25% dan pemesanan makanan harus take away dan delivery.

Sektor konstruksi masih tetap berjalan 100% dengan protokol kesehatan ketat. Rumah ibadah dibatasi hingga 50%. Fasilitas umum ditutup sementara dan moda transportasi diatur lebih jauh.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading