Internasional

Merhaba! Erdogan Bakal Kunjungi Indonesia Tahun Depan

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
22 December 2020 12:08
Turkish President Tayyip Erdogan and his wife Emine Erdogan greet supporters at the AKP headquarters in Ankara, Turkey June 25, 2018. REUTERS/Umit Bektas

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dilaporkanakan berkunjung ke Indonesia tahun depan. Kabar ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu pada acara jumpa pers bersama pada Selasa (22/12/2020).

Retno menyampaikan bahwa kunjungan pemimpin muslim terkuat di dunia itu adalah balasan atas kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya. Jokowi pernah ke Ankara pada tahun 2017.


"Pada pertemuan tadi kami membahas rencana kunjungan kenegaraan Presiden Erdogan ke Indonesia yang Insya Allah akan dilakukan tahun depan," tegas menteri yang juga mantan duta besar Indonesia untuk Belanda ini kepada wartawan.

Ditambahkan bahwa kunjungan itu nantinya akan membahas rancangan "High Level Strategic Council" yang memungkinkan pemimpin kedua negara untuk berdiskusi secara reguler mengenai isu-isu strategis. Baik bilateral, regional, dan multilateral.

Namun tanggal pasti kedatangan Erdogan tidak dirinci.

Sementara itu, Menlu Turki sendiri datang pertama kali dalam 15 tahun ke RI dari 20 hingga 22 Desember. Turki juga menekan nota kesepahaman dalam meningkatkan kerjasama diplomatik kedua negara.

Turki dan RI juga sepakat melanjutkan perundingan Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT -CEPA). Diharapkan perjanjian selesai di 2021.

"IT-CEPA berpotensi meningkatkan perdagangan bilateral Indonesia-Turki. Ini juga akan menunjukan komitmen kita terhadap sistem perdagangan multilateral yang terbuka, adil dan bebas dan upaya bersauntuk mendukung pemulihan ekonomi pasca-pandemi," jelas Retno.

Di kesempatan yang sama, minat investor Turki yang semakin meningkat di Indonesia. Beberapa proyek yang saat ini sedang dibahas adalah di bidang perkapalan, pertanian, dan infrastruktur.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading