Harga Mobil Bekas Mulai Rebound, Ini Buktinya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
16 December 2020 19:00
Penjualan Mobil Bekasi di WTC Mangga Dua (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan kendaraan pada segmen mobil bekas sudah mulai beranjak naik. Titik balik meningkatnya penjualan terjadi sejak bulan November lalu, tidak lama setelah pemerintah resmi batal memberikan relaksasi pajak mobil baru sebesar 0%. Sebelum momen itu, banyak calon konsumen yang lebih memilih untuk menunggu sambil menahan pembelian.

"November-Desember jadi titik balik, penjualan sudah bagus. Jualan dibanding dengan kondisi normal sudah sekitar 90%," kata Pemilik Nava Sukses Motor yang berada di Jl. Madrasah No. 23, Cilandak, Jakarta Selatan, Fahmi kepada CNBC Indonesia, Rabu (16/12).

Menanjaknya tren penjualan mobil bekas tidak lepas dari kebutuhan masyarakat untuk tetap menjalankan aktivitasnya, namun ada kekhawatiran menggunakan kendaraan umum. Di sisi lain, daya beli masyarakat juga cukup terganggu akibat pandemi yang berkepanjangan. Alhasil, mobil bekas dengan harga yang kompetitif menjadi pilihan yang realistis.


Namun, harga yang harus dibayar konsumen untuk menebus mobil bekas tidak seperti awal pandemi, dimana kala itu harga mobil bekas ambruk, jauh dari normal. Saat ini harganya kembali menanjak. Fahmi menyebut beberapa mobil yang kerap menjadi incaran dan bagaimana kenaikannya. Sebagian masyarakat ada yang menyukai city car, namun tidak sedikit juga yang mengincar MPV.

"Calya, Sigra tahun 2017-2018 rata-rata di bawah Rp 100 juta, sekitar Rp 90-95 juta mirip-mirip keduanya. Agya-Ayla di kisaran Rp 80 jutaan, namun tahun-tahun tua Rp 70 juta. Honda Brio masih di atas Rp. 100 juta, kayak Brio 2016 paling Rp 105-110 juta. Harga baru lebih mahal Brio, waktu awal pandemi turun jadi sekitar Rp 95 juta, sekarang naik lagi," jelasnya.

Hal yang sama terjadi pada kendaraan 'sejuta umat' Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia. Pada masa awal pandemi, harganya sempat jatuh mendekati angka Rp 100 juta, namun kini sudah kembali naik.

"Avanza-Xenia tetap ramai, selalu itu mah abadi ada peminat. Keluarga rata-rata mereka pilihan pertama, di pikiran Avanza-Xenia, dulu kan Kijang. Harganya tahun 2016 tipe G paling mahal sekarang Rp 125 juta, dulu awal-awal sempat Rp 110 juta," jelas Fahmi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rebound! Yang Punya Stok Mobil Bekas, Bisa Lepas Sekarang


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading