Penurunan Penjualan Mobil Masih Dalam, 2020 Sangat Suram!

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
16 December 2020 17:05
Petugas melakukan pengecekan fisik kendaraan sebelum di kirimkan ke pelanggan di Dealer Honda Sawangan, Depok, Jawa Barat (17/9/2020). Kementerian Perindustrian mengusulkan relaksasi pajak pembelian mobil baru sebesar 0 persen atau pemangkasan pajak kendaraan bermotor (PKB). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan mobil pada bulan November lalu tercatat mengalami kenaikan. Namun dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya penjualan mobil tahun ini masih lebih rendah. 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) menunjukkan volume mobil yang terjual di bulan lalu sebanyak 53.844 unit, naik 9,85% dibanding bulan Oktober yang tercatat mencapai 49.018 unit. Namun penjualan mobil bulan lalu masih lebih rendah 41% dibanding November 2019 yang mencapai 91.240 unit. 

Volume penjualan mobil terlihat mulai meningkat sejak Juni. Adanya pelonggaran PSBB di berbagai tempat turut menggerakkan roda perekonomian nasional. Mobil merupakan salah satu barang tahan lama yang banyak dibeli melalui kredit. 


Pelonggaran PSBB juga membuat penyaluran kredit sedikit terdongkrak. Namun pelonggaran yang ada belum bisa membuat volume penjualan mobil pulih. Selisih penjualan antara tahun 2019 dan 2020 mulai menipis. Hanya saja kontraksinya masih di atas 30%. 

Selama 11 bulan tahun 2020 berjalan total penjualan mobil di Tanah Air mencapai 474.908 unit atau 50% lebih rendah dari tahun lalu yang mencapai 942.462 unit. 

Berkaca pada tahun lalu, volume penjualan mobil dalam setahun mencapai puncaknya pada Oktober. Kemudian setelah itu volume penjualan cenderung turun. Bulan Desember 2019 volume penjualan mobil tak sampai 90 ribu unit. 

Untuk tahun ini kemungkinan penjualan mobil di penghujung tahun juga tak akan bisa naik banyak. Apalagi di tengah adanya kemungkinan pengetatan PSBB di daerah-daerah Jawa terutama di ibukota DKI Jakarta.

GAIKINDO baru-baru ini menurunkan perkiraan penjualan mobil untuk tahun 2020 menjadi 525 ribu unit. Turun dari perkiraan sebelumnya di angka 600 ribu unit tahun ini. Padahal jumlah itu sudah direvisi dari proyeksi awal di angka 1 jutaan unit.

Sebelumnya sempat santer terdengar bahwa pemerintah akan membebaskan pajak kendaraan roda empat ini. Namun rumor tersebut segera dibantah oleh pemangku kebijakan. Menteri Keuangan Sri Mulyani menolak usulan pajak mobil nol persen.

Tahun Depan Penjualan Mobil Belum Bergairah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading