Aduh, Biyung! Cari Kerja Kok Masih Susah Aja Ya...

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
08 December 2020 11:52
Pencari kerja memadati gelaran Job For Career Festival 2018 di area Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (27/11). Angka pengangguran pada Agustus 2018 tercatat 7 juta orang, menurun 40 ribu orang dibanding Agustus 2017 lalu. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Keyakinan konsumen Indonesia terpantau membaik pada November 2020. Namun bukan berarti sudah percaya diri dalam memandang kondisi perekonomian, apalagi untuk masa sekarang.

Gambaran ini diperoleh dari hasil Survei Konsumen yang dilakukan Bank Indonesia (BI). Pada November 2020, Survei Konsumen memperoleh hasil Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 92. Naik tajam dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 79 sekaligus menjadi yang tertinggi sejak Maret 2020.


IKK menggunakan angka 100 sebagai titik start. Jika masih di bawah 100, maka artinya konsumen belum optimistis dalam memandang situasi ekonomi saat ini dan beberapa bulan ke depan. Jadi sampai bulan lalu, konsumen Tanah Air belum percaya diri.

"Perbaikan keyakinan konsumen pada November 2020 didorong oleh ekspektasi konsumen yang membaik terhadap kondisi ekonomi ke depan, yaitu peningkatan ekspansi kegiatan usaha serta kenaikan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada enam bulan mendatang. Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini juga membaik meski masih berada pada area kontraksi, terutama disebabkan oleh persepsi yang menguat terhadap penghasilan dan ketersediaan tenaga kerja," sebut keterangan tertulis BI.

Ya, IKK dibagi menjadi dua sub-indeks besar yaitu Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Pada November 2020, IEK yang sudah mencapai level optimistis dengan skor 123,9. Artinya, konsumen percaya diri terhadap prospek ekonomi enam bulan mendatang.

Namun IKE yang masih di zona kontraksi, di bawah 100, tepatnya 60,1. Tandanya konsumen malah kurang pede dengan kondisi ekonomi yang ada di depan mata sekarang.

Cari Kerja Masih Susah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading