Wah Erick Thohir Mau Gandeng Swiss, Sulap Sarinah Jadi Apa?

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
01 December 2020 18:05
Miniatur Gedung Sarinah. Dok: Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mempersiapkan kerja sama PT Sarinah (Persero) dengan Dufry AG, perusahaan asal Swiss untuk melakukan penjualan produk lokal di outlet milik perusahaan ini. Hal ini menjadi salah satu bagian dari transformasi bisnis Sarinah.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan bisnis Sarinah ke depan tidak hanya menjadi perusahaan ritel, lantaran kondisi pasar saat ini banyak sekali jenis usaha sejenis. Namun perbaikan model bisnis harus tetap dilakukan agar perusahaan tetap berdaya saing, dengan mengusung 80% produk lokal.

"Kemarin sudah perbaiki strategi Sarinah. Satu Sarinah akan punya tempat bagus di tengah kota, mengangkat kembali peninggalan yang dulu dicita-citakan. Jadi ini legendaris kita, tetapi memang business model harus diubah, tidak mungkin kita full retail, yang akhirnya kita bersaing dengan market yang memang sekarang ini sudah agak jenuh," kata Erick saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Senin (30/11/2020).

Sarinah bakal dijadikan sebagai pusat penjualan produk-produk UMKM lokal yang standar ekspor. Namun, produk yang dijajakan di sini harus memiliki standar berbeda dan dibutuhkan kerja sama dengan kementerian terkait.

"Tapi kita juga buka akses, kemarin tanda tangan dengan Dufry yang punya 200 outlet di dunia, di mana mereka menjanjikan di agreement itu juga 10 produk indonesia menjadi unggulan, nah kita harapkan apakah kopi, teh ini menjadi unggulan yang bisa kita sinergikan," jelasnya.



Sebelumnya, Erick juga pernah menyampaikan bahwa perusahaan pelat merah harus bahu-membahu untuk mendukung pengembangan UMKM yang ada di Indonesia. Mulai dari penyediaan infrastruktur, pendanaan hingga pasar yang akan menampung produk dari UMKM tersebut.

Jika Sarinah mengambil peran untuk pemasaran, pendanaan akan disiapkan oleh bank Himbara dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero)/PNM untuk bisa menyentuh UMKM yang sudah dan belum bankable.

Penyediaan infrastruktur, dibangun jalan tol dan infrastruktur digital oleh PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang juga akan mempersiapkan artificial intelligence (AI) untuk menjadi backbone.

"Saya dari BUMN ingin mendukung UMKM dalam tiga hal, persiapan infrastruktur , pendanaan ketiga market," kata Erick dalam sebuah acara diskusi virtual, Rabu (28/10/2020).



[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading