Wishnutama: Pak Luhut, Pelaku Wisata Ingin Libur Akhir Tahun

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
27 November 2020 11:55
Menteri Pariwisata Wishnutama. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Para pelakuĀ pariwisata berharap agar pemerintah mengambil kebijakan yang tepat terkait libur panjang akhir tahun. Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang berlangsung pada Jumat (27/11/2020).

Rapat dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan.

Mulanya, Wishnutama bercerita kalau saat ini dia sedang melakukan kunjungan kerja di Bali. Ia bilang kalau occupancy rate di Benoa dan Nusa Dua mulai mengalami peningkatan dibandingkan beberapa waktu lalu.

"Beberapa hotel di Benoa, di Desember, itu tingkat occupancy rate-nya booking-an nya sudah sampai 80% Pak Luhut. Tadi malam saya cek ke Benoa. Nah di Nusa Dunia ini kira-kira 40%. Jadi sebetulnya sudah menggeliat pak per hari ini. Tapi ini akan bertambah terus kan pak booking-an hotel. Artinya pariwisata kita sebetulnya sangat menjanjikan Pak Luhut," kata Wishnutama.

"Tetapi memang para pelaku pariwisata di sini sangat betul-betul berharap Pak Luhut dengan liburan akhir tahun. Mereka sangat betul-betul berharap dengan liburan akhir tahun," lanjutnya.



Wishnutama pun mengaku sudah ditelepon Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy terkait hal itu.

"Karena menurut beliau juga beliau juga ke Bali dan beberapa destinasi, mereka juga berharap betul pariwisata itu bisa kebantu di akhir tahun ini sebenarnya. Karena booking-an nya juga sangat banyak. Ini juga butuh bantuan Pak Luhut agar ada kesempatanlah gitu untuk para pelaku pariwisata ini untuk bangkit Pak Luhut," ujar Wishutama.

Sebelumnya, Muhadjir mengemukakan pemerintah akan segera menggelar rapat untuk meninjau ulang keputusan cuti bersama akhir tahun.

"Insya Allah, Jum'at (hari ini)," kata Muhadjir kepada CNBC Indonesia Kamis (26/11/2020).Meski demikian, soal hasil keputusan juga akan segera disepakati hari ini ia tak menjawab spesifik.


Rapat sendiri akan dihadiri sejumlah pemangku kepentingan terkait seperti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo dan Menteri Agama Fachrul Razi.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading